Sukses

Langkah Demokrat, Dulu Gandeng Aktivis Sekarang Artis

Partai Demokrat menarik sejumlah artis, mantan atlet, dan pengusaha muda untuk bergabung sebagai kader baru.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrat menarik sejumlah artis, mantan atlet, dan pengusaha muda untuk bergabung sebagai kader baru. Langkah ini tentu berbeda dengan sebelumnya, di mana demokrat menggandeng aktivis untuk terlibat dalam kancah politik.

Sebut saja Anas Urbaningrum, yang pernah mencicipi kursi Demokrat 1, kemudian mantan aktivis mahasiswa yang juga pernah menjadi staf presiden untuk SBY, Andi Arief. Bahkan, ada nama Mantan Menpora yang sempat duduk sebagai jubir Presiden SBY, Andi Mallarangeng.

Mereka adalah orang-orang bersuara lantang yang kerap turun ke jalan menentang ketidakadilan rezim pemerintah saat itu.

Bahkan ada beberapa yang sempat terkenal di parlemen, seperti Ramadan Pohan, Ruhut Sitompul, Gede Pasek Suardika. Bahkan sekelas Marzuki Alie.

Namun, malam kemarin Sedangkan, Demokrat punya langkah anyar. Bukan lagi aktivis yang digandeng untuk masuk dan digembleng menjadi kader partai. Mereka adalah artis dan atlet yang minim literasi perpolitikan.

Sebut saja, Taufik Hidayat mantan atlet bulutangkis, Chris John mantan petinju, dan artis Dina Lorenza.

Sekjen Demokrat Hinca Pandjaitan yang pernah dikepengurusan Anas dan menyandang politisi muda, menyadari hal itu. Meski demikian, pengkaderan harus tetap jalan.

"Begini ya, political hard ya memang harus terus berjalan. Tapi enggak cukup. Karena itu kita mengembangkan sayap sebanyak-banyaknya," ujar Hinca di malam inagurasi kader baru, di Puri Cikeas, Bogor, Kamis 15 Februari 2018.

Dia tak menepis, 21 nama yang telah diberi Kartu Tanda Anggota itu, memang disiapkan menjadi calon legislatif, di Pileg 2019.

"Kalau ditanya apakah ini disiapkan untuk caleg kami? Ya kami siapkan. Dan sekarang kami sedang menggodoknya untuk terus berkembang," jelas Hinca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Andalkan Popularitas

Menyadari tak hanya mengandalkan popularitas semata, dia menyebut Demokrat akan mengadakan pelatihan dan mengikuti dalam kerja politik. Karena waktunya terhitung singkat.

"Kami akan ada pelatihan, akan ada kerja politik yang terus menerus kami lakukan. Dan waktunya sangat singkat. Kami harus menyiapkan DCS, Daftar Caleg Sementara," tukas Hinca.

Salah satu caranya untuk kerja politik, masih kata dia, ikut terjun dalam kampanye di Pilkada. Itu adalah contoh paling dekat yang dilakukan.

"Ya misal Hengky (Kurniawan, artis) dia main di Bandung Barat, tentu kami akan serbu ramai-ramai bantu dia. Terus nanti di Pilgub Jabar, Deddy Mizwar kami akan turun," pungkas Hinca.

21 kader baru Partai Demokrat dikukuhkan oleh Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut daftar namanya:

1. Taufik Hidayat (mantan atlet bulutangkis),

2. Dina Lorenza Audria (aktris),

3. Muhammad Kasih (ustadz),

4. Sukmawati Syukur (pengusaha),

5. Arvi Perwira (manajer Persija U-19)

6. Hengki Kurniawan (aktor).

7. Michiko H (pengusaha),

8. Fauzi Baadila (aktor),

9. Indyastari Wikan Ratih (pengusaha),

10. Ricky Subagja (mantan atlet bulutangkis),

11. Wita Susilowaty (pengusaha),

12. Bahar Ngitung (anggota DPD RI),

13. Hifni Hasan (pengusaha),

14. Krisna Bayu (mantan atlet judo),

15. Rudi Irawan (pengusaha),

16. Samuel Panjaitan (pengusaha),

17. Muhammad David Octavian (pengusaha),

18. Brian Putra Bastara (pengusaha),

19. Ibnu Sulistyo Pradibto (pengusaha),

20. Chris John (atlet tinju) dan

21. Mayor Jenderal (Purn) Jacob Djoko Sarosa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.