Sukses

Personel Gabungan Amankan Vihara Dharma Bhakti Jakarta Barat

Vihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, merupakan salah satu klenteng di Jalan Kemenangan III yang selalu penuh saat Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Vihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, merupakan salah satu kelenteng di Jalan Kemenangan III yang selalu penuh saat Imlek. Bahkan, jalanan sempit depan wihara dipenuhi kendaraan warga yang tengah berdoa.

Untuk menjaga keamanan, petugas sudah mulai berjaga-jaga. Beberapa di antaranya berjaga di depan klenteng.

"Jadi untuk Imlek kali ini, daerah Dharma Bhakti ini ada 75 personel gabungan. Polri ada 50 dan 25 TNI serta lain-lain," kata Kapolsek Metro Taman Sari, AKB Erick Frendriz di Wihara Dharma Bhakti, Jakarta Barat, Jumat (16/2/2018).

Menurut dia, rekayasa jalur pun dilakukan di sekitar kawasan itu. Apalagi melihat banyaknya jemaat dan masyarakat yang datang sekedar ingin melihat perayaan Imlek di sana.

Pengamanan ini dilakukan hingga Sabtu 17 Februari 2018. Sebab, masih banyak masyarakat ataupun jemaat yang akan datang.

"Karena jalan kecil, kita mencoba rekayasa satu arah. Kemudian atas perintah kita akan memaksimalkan di sini," ujar Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

700 Pengemis

Ratusan pengemis memenuhi halaman Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Glodok, Jakarta Barat pada Imlek 2018 ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah menunggu angpau dari setiap warga yang sedang beribadah.

Kusnadi, salah seorang tim koordinator, menyebut terdapat sekitar 700 pengemis sudah mulai memadati wihara jelang Imlek, tepatnya sejak Kamis 15 Februari sore.

Pengemis itu, kata dia, bukanlah masyarakat sekitar wihara. Mereka datang dari kota-kota sekitar Jakarta. Sebut saja Cilebut, Bogor, Depok hingga Tangerang saat Imlek seperti sekarang ini.

"Tiap tahun beda sih jumlahnya. Kalau tahun kemarin enggak sebanyak sekarang. Ini dikoordinasi biar lebih terlihat rapi," kata Kusnadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.