Sukses

Imlek, 700 Pengemis Penuhi Vihara Dharma Bhakti Jakarta Barat

Ratusan pengemis memenuhi halaman Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Glodok, Jakarta Barat di hari Imlek ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pengemis memenuhi halaman Vihara Dharma Bhakti, Jalan Kemenangan III, Glodok, Jakarta Barat pada Imlek 2018 ini. Mulai dari anak-anak hingga orang tua tumpah ruah menunggu angpau dari setiap warga yang sedang beribadah.

Pantauan Liputan6.com, pengemis itu langsung duduk membentuk barisan dengan tikar yang mereka bawa dari rumah. Mereka pun memakai payung, topi, ataupun penutup kepala lainnya untuk menghalau panas.

"Yang antre, yang antre nanti kedapatan," ujar salah seorang petugas koordinator Wihara Dharma Bhakti pada Jumat (16/2/2018).

Kusnadi, salah seorang tim koordinator, menyebut terdapat sekitar 700 pengemis sudah mulai memadati wihara jelang Imlek, tepatnya sejak Kamis 15 Februari sore.

Pengemis itu, kata dia, bukanlah masyarakat sekitar wihara. Mereka datang dari kota-kota sekitar Jakarta. Sebut saja Cilebut, Bogor, Depok hingga Tangerang saat Imlek seperti sekarang ini.

"Tiap tahun beda sih jumlahnya. Kalau tahun kemarin enggak sebanyak sekarang. Ini dikoordinasi biar lebih terlihat rapi," kata Kusnadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyambung Hidup

Salah satu pengemis Mulyono menyebut sudah datang bersama istrinya sejak kemarin sore, Kamis, 15 Februari 2018.

Dia mengaku sejak 2006 selalu mendatangi kelenteng ini untuk mencari sejumlah uang untuk bertahan hidup.

"Kalau penghasilan tiap tahun beda-beda, paling banyak Imlek tahun 2016," ucap Mulyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.