Sukses

Berkas Dilimpahkan, Penyuap Bupati Kukar Segera Disidang

Heri Susanto Gun alias Abun diduga telah memberikan suap kepada Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas penyidikan Direktur Utama PT Sawit Golden Prima, Heri Susanto Gun alias Abun, ke tahap penuntutan pada Kamis 15 Februari 2018. 

Heri diduga telah memberikan suap kepada Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari.

"Sidang rencananya akan dilaksanakan di PN Tipikor Jakarta," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (15/2/2018).

Febri mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 19 saksi untuk melengkapi berkas penyidikan Heri. Sedangkan Heri, sudah diperiksa sebanyak 2 kali dalam kapasitasnya sebagai tersangka penyuap Bupati Rita.

"Pemeriksaan sebagai tersangka pada 19 Desember 2017 dan 5 Januari 2018," sambung Juru Bicara KPK Febri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Menyuap Rita

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Heri Susanto Gun sebagai tersangka karena diduga memberikan suap kepada Rita sejumlah Rp 6 miliar.

Suap tersebut diberikan untuk pemberian izin operasi keperluan inti dan plasma perkebunan kelapa sawit di Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman, kepada PT SGP.

Atas perbuatannya, Heri Susanto Gun disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf b atau Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.