Sukses

Banjir Rendam Samarinda

Hujan deras yang mengguyur Kota Samarinda, Kaltim, menyebabkan ribuan rumah dan sejumlah ruas jalan protokol terendam. Selain mengganggu aktivitas warga banjir juga menyebabkan sejumlah kendaraan mogok dan terjebak kemacetan panjang.

Liputan6.com, Samarinda: Banjir setinggi setengah hingga satu meter menggenangi ribuan rumah warga dan sejumlah ruas jalan protokol di tiga kecamatan di Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (9/4). Tiga kecamatan yang terendam adalah Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Samarinda Ilir.

Banjir terparah menggenangi ruas jalan DI Panjaitan, Jalan Sentosa, dan Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Samarinda Utara. Akibat tingginya genangan air terjadi kemacetan cukup parah. Apalagi sejumlah kendaraan juga mogok lantaran sistem pengapiannya terganggu.

Banyak kendaraan dari Samarinda ke arah Kota Bontang dan Kutai Timur tak bisa ke luar lantaran terjebak banjir dan macet. Begitu pula sebaliknya kendaraan dari luar kota juga tak bisa masuk ke Samarinda.

Seorang pengantin asal Samarinda yang akan menikah di Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, terpaksa gagal melangsungkan acara lantaran kendaraan yang ia tumpangi beserta segenap pengiring terjebak banjir dan kemacetan.

Selain mengganggu aktivitas warga, banjir juga menyebabkan sejumlah sekolah terpaksa memulangkan siswanya lebih cepat karena sekolah terendam. Warga menuding kegiatan tambang batubara yang mengepung wilayah Kota Samarinda dan buruknya sistem drainase sebagai penyebab banjir.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.