Sukses

Ratusan Sopir Taksi Online Tolak Permenhub 108

Fokus, Jakarta - Ratusan sopir taksi online kembali berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta terkait peraturan jasa transportasi online.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Rabu (14/2/2018), kericuhan sempat terjadi antara ratusan sopir taksi online dengan polisi. Dengan membawa spanduk, sopir taksi online dari berbagai daerah terus melakukan orasi di depan Istana Merdeka, Jakarta. Beruntung situasi dapat diredam oleh petugas.

Mereka menolak rencana pemerintah menerapkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Melalui jalur hukum, mereka akan mengajukan permohonan judicial review ke Mahkamah Konstitusi.

Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 menyebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu pengguna dan penyedia jasa harus menerapkan tarif angkutan sewa khusus batas atas dan batas bawah, jumlah kuota ditetapkan sesuai wilayah operasi, domisili tanda nomor kendaraan bermotor, serta sertifikat registrasi uji tipe.