Sukses

Suriah Kembali Memanas, 44 Tewas

Aksi protes massa di Suriah, kembali berujung kematian dengan menewaskan 44 orang.

Liputan6.com, Daraa: Aksi protes massa yang menyerukan perubahan besar dalam rezim otoriter Suriah pada Jumat kemarin kembali berujung kematian. Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (9/4), bentrokan terjadi di kota bergolak Daraa. Aktivis hak asasi manusia dan para saksi mengatakan pasukan keamanan Suriah menembaki puluhan ribu pengunjuk rasa sehingga menewaskan 25 orang dan melukai ratusan lainnya.

Pada saat bersamaan, televisi yang dikelola negara juga melaporkan 19 polisi dan anggota pasukan keamanan tewas ketika kawanan bersenjata menembaki mereka. Aksi protes itu didalangi panggilan oleh panitia agar turun ke jalan setiap Jumat untuk menuntut perubahan di salah satu negara Timur Tengah tersebut.

Unjuk rasa yang terjadi seusai salat Jumat ini digelar di berbagai daerah, termasuk di ibu kota Suriah, Damaskus, dan kota-kota lain, seperti Homs dan Daraa. Menurut aktivis hak asasi manusia Amnesti International, jumlah korban tewas pertumpahan darah yang terjadi sejak tiga pekan lalu telah mencapai 170 orang, termasuk pasukan keamanan dan para demonstran.(JAY/ANS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini