Sukses

Psikolog: Faktor Kejiwaan, Pemicu Utama Pembunuhan Satu Keluarga

Liputan6.com, Bogor - Pembunuhan terhadap satu keluarga juga terjadi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akibat cemburu terhadap mantan istri yang menikah lagi, pelaku yang terbakar cemburu membakar rumah korban di Kampung Cijurey, Suka Makmur.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Rabu (14/2/2018), sebelum membakar rumah, Sugianto membunuh mertua dan suami Icih. Usai menghabisi korbannya, pelaku kemudian gantung diri di sebuah pohon dekat lokasi kejadian.

Sementara itu, Icih hingga kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi Bogor akibat luka serius di sisi jantung dan beberapa bagian di lengan dan kepalanya.

Selain di Tangerang dan Bogor, pembunuhan sadis terhadap satu keluarga terjadi di Brebes, Jawa Tengah, pada Selasa, 13 Februari 2018. Tersangka Tarmuji mengaku sakit hati karena kerap dicemooh istrinya lantaran persoalan ekonomi.

Polisi menduga, pelaku membunuh istrinya lebih dulu dengan memukul kepalanya menggunakan cobek, lalu membunuh anaknya. Namun, beberapa jam setelah melakukan pembunuhan, pria berusia 35 tahun ini diringkus petugas Satreskrim Polres Brebes.

Sementara itu, psikolog Kasandra Putranto menilai, faktor psikologis seseorang menjadi penyebab utama kasus pembunuhan dibandingkan faktor ekonomi.

Menurutnya, faktor utama penyebab pembunuhan akibat kurangnya kompetensi psikososial seseorang dan faktor intelegensi. Untuk itu, pemerintah diharapkan segera turun tangan mengatasi permasalahan ini di masyarakat.