Sukses

Penyebab Jalan Berlan Matraman Ambles 100 Meter

Fokus, Jakarta - Akses Jalan Kesatriaan X Berlan Matraman, Jakarta Timur, harus ditutup sementara pada Selasa siang. Jalur utama yang menghubungkan permukiman warga ke Manggarai, Jakarta Selatan, ini retak dan ambles sepanjang 100 meter dan terus meluas.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Rabu (14/2/2018), diduga keretakan dan menurunnya permukaan jalan terjadi akibat terkikisnya fondasi jalan oleh air banjir yang merendam kawasan ini beberapa waktu lalu. Penanganan sementara telah dilakukan warga setempat hingga menunggu perbaikan dari dinas terkait.

"Memang beberapa hari lalu Kelurahan Kebon Manggis itu mengalami banjir akibat luapan Kali Ciliwung di RW 4 dan di RW 3. Kemudian sebelum kejadian banjir kita juga mengalami gempa barangkali kondisi alam membuat terjadi penggerusan," kata Mesrarianita, Lurah Kebon Manggis.

Selama ini, menurut warga setempat, pengerukan sungai yang dilakukan tanpa disertai perbaikan dinding tanggul membuat tanah di kawasan ini rentan longsor. Warga berharap, Pemprov DKI Jakarta bertindak cepat melanjutkan proyek penurapan Kali Ciliwung setelah sungai dilakukan pengerukan.