Sukses

Setya Novanto yang Mulai Rajin Ibadah dan Cerita Horor Rutan

Setya Novanto mengaku rajin salat dan mengaji di tahanan KPK. Ia juga menuturkan alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus korupsi e-KTP Setya Novanto atau Setnov mengaku mulai rajin beribadah dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia mengaku kesulitan beradaptasi di minggu-minggu pertama tinggal di rutan.

Apalagi dia membayangkan cerita-cerita horor di dalam rutan.

"Ya lihat tv, cerita-cerita horor masalah berkaitan dengan cerita-cerita banyaklah ya," kata Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018).

Namun, ketakutan dan kegelisahan dalam sel justru memacu dirinya untuk rajin beribadah. Setiap masuk waktu salat, Novanto selalu menyempatkan diri untuk berjamaah dengan rekan satu sel.

Dia meyakini kesan horor di dalam sel bisa sirna jika dirinya rajin beribadah dan membaca Alquran. Alhasil dirinya tidak pernah sekalipun diganggu hal-hal yang berbau mistis.

"Di ruang tahanan kita bersihkan. Ya kita dibacain Qur'an, ya kita bersihin sendiri. Kita lap, jangan sampai kotor. Sarang laba-laba kita bersihkan. Supaya tetap terjaga," imbuh mantan Ketua DPR RI itu.

Novanto mengaku saat ini terus mempelajari dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan. Teman satu rutan jadi tempat dirinya berguru dan bertukar pengetahuan tentang agama.

"Saya kan lagi belajar. Saya pun belajar dari teman-teman yang lain. Belajar baca ada rutin waktunya," ujar suami Deisti Astiani Tagor itu.

Novanto juga mengaku menjaga salatnya membiasakan berjamaah. Dia menyebut seringkali yang menjadi imam salat di rutan adalah terdakwa Rochmadi Saptogiri.

"Iya selalu berjamaah. Pak Sapto (yang jadi imam salat). Saya kan masih belajar ini, semua saya pelajari," kata Novanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Curhat

Lebih jauh Novanto menuturkan, sehari-harinya dirinya juga sering bicara dari hati ke hati dengan tahanan lainnya. Kebanyakan, kata Novanto, para tahanan curhat soal kesusahan hidup yang dialami dirinya dan keluarganya.

"Kita saling ngobrol, semuanya sama-sama susah. Kita sharing kembali, kita serahkan sama Tuhan," ucap dia.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengaku dekat dengan semua penghuni rutan. Dari sesi curhat itulah, Novanto pun semakin mengenali latar belakang para tahanan.

"Mereka curhat masing-masing gitu. Ya hampir semua deket. Saya ceritain. Pak Sapto saya paling sering. Menceritakan bagaimana kesusahannya," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.