Sukses

Brigadir Rochmat, Brimob Polda Jatim Pengasuh Puluhan Yatim Piatu

Sejak 2007, Rochmat mengasuh puluhan anak-anak dari keluarga kurang mampu dan yatim piatu yang tidak memiliki biaya sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata masih ada seseorang yang dengan sukarela mengasuh dan membiayai pendidikan 65 orang anak yatim piatu dan kurang mampu. Ialah Brigadir Rochmat, seorang anggota Brimob Polda Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (12/2/2018), sejak 2007 Rochmat mengasuh puluhan anak-anak dari keluarga kurang mampu dan yatim piatu yang tidak memiliki biaya sekolah.

Anak-anak ini tinggal satu atap bersama keluarga Rochmat. Mendapatkan perlakuan yang sama seperti anak kandung Rochmat, termasuk kebutuhan dan biaya pendidikan hingga jenjang sarjana. Rochmat pernah berjanji bersama istrinya akan menyekolahkan anak-anak kurang mampu.

Rochmat juga mengajarkan anak anak asuhnya berwiraswasta, agar mampu mandiri kelak. "Jadi kita tidak hanya menyuapi mereka doang tetapi kita juga melatih bagaimana caranya mereka berusaha untuk makan. Akan tetapi ketika mereka sudah lulus dan berada di dunia sebenarnya, mereka tidak cengeng lagi," jelasnya.

Apa yang dilakukan Rochmat di apresiasi anak-anak asuhnya. Seperti dikatakan Zahra, salah satu anak asuhnya.

"Di zaman sekarang ini sudah jarang ada orang yang mau membantu sesama sampai menyekolahkan tinggi-tinggi tanpa mengharapkan imbalan. Itu jarang sekali," katanya.

Di luar profesinya sebagai seorang polisi, Rochmad juga aktif menjadi pembina berbagai kegiatan remaja seperti pramuka dan SAR. Dari kegiatan ini juga Rochmad mendapatkan anak-anak yang membutuhkan tempat tinggal dan biaya pendidikan.

Untuk memenuhi biaya hidup anak-anak asuhnya, selain memiliki beberapa toko yang dijaga anak-anak asuhnya, Rochmad juga bertani.

Hingga kini, Rocmad telah berhasil meluluskan beberapa orang anak asuhnya menjadi sarjana. Dia masih memiliki rencana untuk memperluas bangunan rumahnya agar dapat menampung lebih banyak anak asuh.