Sukses

Obama Akan "Nyapres" Lagi

Hari ini, tim kampanye Presiden Barak Obama merilis sebuah video yang mengungkapkan niatan sang presiden untuk kembali mencalonkan diri di pemilu presiden, tahun depan.

Liputan6.com, Washington DC: Presiden Barack Obama siap maju lagi menjadi kandidat calon presiden dari Partai Demokrat dalam Pemilu 2012 mendatang. Hal ini terungkap dalam sebuah video yang dirilis oleh tim kampanye Obama, Senin (4/4). Video tersebut dirilis di situs resmi Obama dan disebarkan di dunia maya lewat sejumlah jejaring sosial.

Dalam video tersebut, Obama tidak sekalipun menunjukkan batang hidungnya. Yang terlihat hanyalah sejumlah suporter Obama yang berbicara mengenai apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu Obama kembali "ngantor" di Gedung Putih. Video tersebut kemudian berakhir dengan slogan, "It begins with us".

Selain merilis video, Obama juga mengirimkan surat elektronik kepada jutaan pendukungnya di AS. "Kampanye ini akan dimulai dari kecil dan berkembang terus-menerus. Kalian (para pendukung) akan memulai mengorganisasi dukungan dari blok ke blok, berbicara kepada para tetangga, rekan pekerja dan sahabat-sahabat," tulis Obama dalam surat elektronik tersebut.

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan Obama untuk mengikuti Pemilu 2012 mendatang akan segera dikirimkan oleh tim kampanye Obama pekan ini. Sejumlah pengamat politik AS telah memprediksikan hal ini. Menurut mereka, dalam pemilu mendatang, Obama harus bisa meyakinkan para pendukungnya bahwa ia telah menciptakan perubahan yang ia janjikan pada 2008 lalu.

Dukungan terhadap Obama mulai luntur setelah dua tahun berkantor di Gedung Putih. Kendati demikian, para analis juga memperkirakan akan sulit bagi pihak oposisi untuk mengalahkan Obama. Di lain pihak, belum ada kandidat tunggal di Partai Republik untuk pemilu presiden mendatang.(CHR/ANS/BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.