Sukses

Mbak Kusno, Berkreasi dengan Biji Buah-buahan

Warga Sragen, Mbah Kusno, sudah membuat berbagai kerajinan tangan berbahan biji nyamplungan, apel, mahoni, siwalan, ciplukan, salak, tempurung kelapa, dan tempurung biji mahoni.

Liputan6.com, Sragen: Usianya memang sudah tidak mudah lagi. Hampir 70 tahun. Namun bagi Mbah Kusno, warga Mojodongo, Kecamatan Kedawung, Sragen, Jawa Tengah, usia senja bukan berarti harus berpangku tangan. Waktu luangnya justru dimanfaatkan untuk membuat berbagai kreasi dari biji-biji kering yang didapatkannya dari sekitar rumah.

Saat ditemui, baru-baru ini, Mbah Kusno tengah membuat berbagai kerajinan tangan. Biasanya dia memanfaatkan biji nyamplungan, apel, mahoni, siwalan, ciplukan, salak, tempurung kelapa, dan tempurung biji mahoni.

Biji-biji kering itu kemudian disusun dengan menggunakan lem hingga berbentuk kerajinan yang sangat menarik. Dari tangan Mbah Kusno telah terbuat gantungan kunci, boneka, kap lampu, tas, dompet, dan sebagainya.

Hasil karya Mbah Kusno ternyata diminati. Banyak warga membeli untuk pajangan di ruang tamu. Bahkan, banyak warga dari luar kota yang memesan kreasi Mbah Kusno, seperti Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan Medan.

Uniknya, Mbah Kusno mengaku awalnya hanya coba-coba. Tak terasa sudah 15 tahun dia menekuni profesi tersebut. Mbah Kusno mengaku belum terpikir untuk berhenti berinovasi. Dia masih ingin membuat kerajinan yang diminati banyak orang.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini