Sukses

Eggi Sudjana: Rizieq Shihab Pulang atau Tidak, Tunggu Hasil Istikharah

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disebut-sebut akan pulang pada 21 Februari 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disebut-sebut akan pulang ke Indonesia pada 21 Februari 2018. Penasihat Presidium Alumni 212, Eggi Sudjana, menjelaskan, kepulangan Rizieq merupakan keinginan dari para simpatisan tersangka kasus chat seks itu.

"Animo besar dari umat, ingin Habib (Rizieq) pulang. Jadi, kuncinya harus dipahami, bukan Habib ingin pulang, bukan Habib mau dilindungi dan sebagainya. Tapi kita umat yang minta Habib pulang," ucap Eggi di kantornya, Jakarta, Sabtu (10/2/2018).

Akan tetapi, lanjut dia, permintaan itu tak langsung disanggupi oleh Rizieq Shihab. Rizieq mengatakan, menjawab permintaan itu menunggu hasil istikharah.

"Habib sudah jawab kepada saya (Eggi). Saya (Rizieq) mohon diberikan kesempatan istikharah. Karena sedang di Mekah, lebih afdol di depan Kakbah. Karena itu jawabannya, saya tidak bisa penginnya ayo pulang. Jadi, hormati hasil istikharahnya," tutur Eggi.

Menurut dia, masih ada pro kontra soal kepulangan Rizieq. Oleh karena itu, dia tidak akan memaksakan Rizieq Shihab untuk pulang. Dia ingin menghormati privasi, pendapat, dan keyakinan Rizieq Shihab.

"Karena, ini menyangkut peristiwa besar yang bisa terjadi. Misalnya, pendukung Habib. Setia pada Habib itu pasti membela habis-habisan. Dan bahkan banyak yang menyatakan kepada saya, siap mati sahid. Sisi lain, komunitas lain ada yang antihabib. Tentu tidak menghendaki kehadirannya. Kalaupun ada harus ditangkap dan sebaliknya. Maka bisa dibayangkan konflik horizontal terjadi," tutur Eggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Jaga Indonesia

Eggi mengungkapkan, Rizieq ingin kondisi keamanan di Indonesia tetap kondusif. Rizieq, lanjut dia, tidak ingin ada pertumpahan darah saat pria yang tengah berada di Arab Saudi itu pulang.

"Oleh karena itu, formulasinya adalah, kita kembalikan pada Habib. Habib pernah berpesan kepada saya, jangan ada satu tetesan darah pun tumpah. Karena semuanya rakyat Indonesia, bangsa Indonesia. Karena kalau itu terjadi, itu tak akan selesai dan lukanya akan lama sekali," pungkas Eggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.