Sukses

Polri Temukan Alum, Argentina Siap Balas Jasa ke Indonesia

Alum berhasil ditemukan bersama sang ayah dan kekasih ayahnya di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Mereka sempat jalan berkilo-kilo meter.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Argentina untuk Indonesia Martin Costanzo mendatangi Mabes Polri, Kamis (8/2/2018). Kedatangannya untuk menyampaikan secara langsung ucapan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian atas kinerja Polri yang berhasil menemukan Alum Langone Avalos.

Alum, 7 tahun, sebelumnya dinyatakan diculik oleh ayah kandungnya, yang sudah bercerai dengan ibu kandung Alum,pada 4 Juni 2017 saat berada di sekolah. Dari Argentina, sang ayah bersama pacarnya membawa Alum ke beberapa negara, hingga akhirnya berada di Jakarta.

"Pak Tito terimakasih banyak. Untuk semua teman-teman media saya telah menempuh perjalanan untuk menemui Pak Tito Karnavian hari ini untuk menyampaikan terimakasih dari pemerintah dan masyarakat Argentina," ujar Martin di Mabes Polri, Jaksel, Kamis (8/2/2018).

Martin berterimakasih atas respons pemerintah, media, dan masyarakat Indonesia yang luar biasa atas kasus Alum. Kasus ini tergolong kasus sangat sensitif di Argentina.

Martin menyadari bahwa kasus ini tidak mudah diungkap mengingat sang ayah, Jorge Gabriel Langone, bersama rekan wanitanya, Candella Gutierrez, membawa kabur Alum ke beberapa negara.

Alum sempat di bawa ke Bolivia, Brazil, Ethiopia, hingga Malaysia, hingga akhirnya ke Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditemukan di Toraja Utara

Selain itu, Martin juga mengapresiasi seluruh tindakan yang dikerahkan oleh otoritas Indonesia yang sangat efisien dan profesional, karena tak perlu waktu lama dari penerbitan red dan yellow notice untuk menemukan Alum.

"Kami menerima respons yang sangat luar biasa dari kepolisian Indonesia sehingga saya datang hari ini untuk menyampaikan ucapan terimakasih, karena respons yang sangat membantu. Terimakasih untuk polisi dan bantuan media," ucap Martin.

Alum berhasil ditemukan bersama sang ayah dan kekasih ayahnya di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, saat sedang bersantap malam di Wisma Sallebayu Restaurant & Bungalows.

Alum bersama ayahnya masuk ke Indonesia melalui Batam, lalu ke Jakarta kemudian ke Sulawesi Selatan.

"Di Sulawesi Selatan, dia sudah delapan hari," ucap Wakapolda Sulsel Brigjen Mas Guntur Laupe.

Menurut Guntur, Jorge dan Candela hanya mengandalkan bantuan dari masyarakat untuk melakukan perjalanan dari negara satu ke negara lainnya. Mereka bahkan sempat berjalan berkilo-kilometer dari Makassar ke Toraja, dan sesekali menumpang kendaraan orang.

Atas keberhasilan menemukan Alum ini, pemerintah Argentina siap memberikan balas jasa jika sewaktu-waktu Indonesia membutuhkan bantuan.

"Negara sangat bersyukur atas respons ini. Tentu saja Argentina akan menawarkan segala bentuk bantuan yang bisa kita tawarkan jika Indonesia membutuhkan kami," terang Dubes Argentina untuk Indonesia Martin Costanzo.

Martin Costanzo mengaku siap kooperatif apabila Indonesia membutuhkan bantuan Argentina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.