Sukses

Menko Luhut Targetkan 300 Ribu Turis Asing Sambangi Mentawai

Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengakui potensi wisata alam yang luar biasa di Kabupaten Mentawai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengakui potensi wisata alam yang luar biasa di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat. Sebagai wilayah kepulauan, Mentawai memiliki spot surfing atau berselancar terbaik nomor dua di dunia setelah Hawai.

Potensi ini yang membuat pemerintah mencanangkan Mentawai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Ia berharap, jumlah wisatawan akan terus meningkat.

"Sekarang sudah banyak orang asing datang ke mari, meningkat sudah 9.000 orang lebih. Nah ini kita ingin turis sampai 300 ribu dengan KEK itu jalan," ujar Luhut Binsar Panjaitan di sela acara bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018).

Untuk menunjang cita-cita itu, pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur di Mentawai. Dalam waktu dekat ini, pemerintah akan memperluas lapangan terbang di Pulau Sibora, Mentawai yang semula 800 meter menjadi 1.600 meter.

"Sehingga (pesawat jenis) ATR bisa masuk," kata Luhut Binsar Panjaitan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangkit Energi Ramah Lingkungan

Tak hanya itu, pemerintah juga akan membangun pembangkit energi yang ramah lingkungan di kawasan ini.

"Kita mau bikin ini eco friendly, ini tadi listriknya pakai hidro power karena ternyata ada beberapa hidro power-nya ini kita juga mempertimbangkan lihat nanti kalau bisa floating solar panel atau mungkin nanti kalau terpaksa ya energi gas," ucap Luhut.

Banyak hal yang perlu dibahas mengenai potensi sumber daya alam dan wisata di Mentawai. Dalam waktu dekat, pemerintah daerah dan provinsi akan membahas pembangunan di Mentawai.

"Minggu depan akhir atau paling lambat minggu berikutnya, Pak Bupati dan tim dengan juga Pemda tingkat satu akan rapat di Jakarta, akan menyelesaikan masalah ini," kata Luhut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.