Ribuan Pedagang Pasar Angso Duo Direlokasi

  • Daerah
  • 0
  • 29 Mar 2011 19:54
Liputan6.com, Jambi: Sekitar 3.000 pedagang pasar tradisional Angso Duo, Kota Jambi, akan direlokasi. Demikian dijelaskan Kepala Kantor Pengelola Pasar Kota Jambi, Duria Sunita, Selasa (29/3). Duria menjelaskan, pihaknya telah melakukan pendataan pedagang pasar terbesar di Provinsi Jambi itu. "Jumlahnya sekitar 3.000, mudah-mudahan tidak lebih dari itu," ujarnya.

Pemprov dan Pemkot Jambi berencana membangun pasar tradisional Angso Duo di lokasi yang baru. Untuk mematangkan rencana tersebut, Pemprov Jambi telah menganggarkan Rp 150 miliar dengan menggandeng pihak ketiga. Sementara itu, Pemkot Jambi juga telah melakukan studi banding di beberapa negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia.
    
Lebih lanjut Duria mengatakan, setelah data resmi pedagang diperoleh, pihaknya akan langsung melaporkan kepada Wali Kota Jambi untuk dilaporkan ke Pemprov Jambi.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi, Fauzie Ansori mengatakan pihaknya masih menghitung besaran jumlah pembangunan fisik yang didasarkan pada data riil pedagang. Menurut dia, pembangunan pasar tersebut akan menganut sistem perekonomian tradisional modern. "Nuansa perekonomiannya tetap seperti pasar tradisional, modern di sini dari sisi fisik bangunan pasar," ujarnya.

Sesuai jadwal, pembangunan pasar Angso Duo direncanakan dimulai pada pertengahan 2011 melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. "Waktunya cukup singkat, kami khawatir tidak terserap maksimal. Untuk itu, perlu ada data rinci yang jelas," tambahnya.(ADO/Ant)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler