Sukses

Siapa Rekomendasi Pengganti Kepala BNN dari Buwas ke Jokowi?

Kepala BNN Komjen Budi Waseso segera pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNN Komjen Budi Waseso segera pensiun. Dia pun menerima sepenuhnya keputusan Presiden Jokowi terkait sosok penggantinya nanti sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional.

Presiden Joko Widodo akan menunjuk calon pengganti Kepala BNN yang direkomendasikan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Menurut pria yang akrab disapa Buwas itu, dia tidak berwenang untuk mengajukan surat rekomendasi pengganti Kepala BNN.

"Kapasitas saya bukan untuk itu," tutur Buwas di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Hanya saja, tidak ada salahnya jika nantinya dia mengutarakan pandangan dan membeberkan sosok yang dinilai pantas maju mengemban tugas sebagai Kepala BNN. Namun, tetap ada syarat khusus untuk itu.

"Kecuali Pak Presiden nanya. Buwas kira-kira menurut pemahaman Pak Buwas siapa? Tapi kalau saya, tidak boleh (langsung tunjuk) yang ini (saja) nih, Pak. Tapi kalau enggak (ditanya) ya saya enggak punya kewenangan," jelas dia.

Terkait nama Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari yang disebut Ketua DPR Bambang Soesatyo pantas menjadi Kepala BNN, Buwas kembali menyerahkan sepenuhnya kepada keputusan Presiden Jokowi.

"Saya serahkan pada Kapolri dan Presiden. Jadi silakan saja (berpendapat)," Buwas menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Hebat

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso akan segera memasuki masa purnatugas. Kini, dia berusia 57 tahun dan akan pensiun pada Februari 2018.

Pria yang akrab disapa Buwas itu berharap, meski sudah tidak di bawah kepemimpinannya, BNN tetap mendapat dukungan dari lembaga dan kementerian, termasuk TNI, dalam memberantas peredaran narkoba.

"Tahun depan saya akan mengakhiri tugas di BNN. Harapannya tentu BNN tetap harus terdukung dan dikuatkan dengan sinergitas dari kementerian/lembaga, termasuk teman-teman TNI," ujar Budi Waseso di Gedung 745 Teknik Sanitasi Angkasa Pura II Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/12 /2017).

Dia juga yakin penggantinya akan memimpin BNN jauh lebih baik darinya. Dia berharap penggantinya akan meneruskan sistem yang dibangunnya.

"Karena saya sudah bangun sistem di BNN. Pengganti saya nanti pasti lebih hebat daripada sama saya. Percaya sama saya," kata Budi Waseso.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.