Sukses

Gedung Polresta Tangerang, Smart Building Pertama di Indonesia

Gedung tersebut nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi informasi tercanggih.

Liputan6.com, Tangerang - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian menghadiri groundbreaking atau peletakan baru pertama pembangunan gedung baru Polres Kota Tangerang, Rabu (7/2/2018).

Gedung tersebut nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi informasi tercanggih.

"Jika ini jadi, ini merupakan smart building Polri pertama, karena Polri selama ini gedungnya tidak menggunakan teknologi informasi yang disebut smart building," ujar Tito.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemanfaatan teknologi informasi ini dapat menjadi motivasi kepada anggotanya agar lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya pelayanan di bidang Kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang.

"Ini juga ada aplikasi elektronik monitoring anggaran desa, ini bisa mendukung kebijakan Pak Presiden agar rakyat dapat merasakan pembangunan," ujar Tito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem Otomatisasi

Sementara itu, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol M. Sabilul Alif mengatakan, konsep smart building untuk gedung baru Polres Kota Tangerang merupakan upaya meningkatkan pelayanan prima serta meningkatkan kepercayaan publik.

Smart building adalah konsep bangunan yang menggunakan sistem otomatisasi yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

"Dengan smart building, Polres Kota Tangerang siap menjadi Polisi yang profesional, modern, dan terpercaya," tuturnya.

Terdapat enam inovasi yang akan diluncurkan, yakni Electronic Monitoring Anggaran Dana Desa (EM-ADD), Electronic Crminial Justice System (E-CJS), Electrobic Penegakkan Hukum Terpadu (E-Gakkumdu), Mobile Lantas (M-Lantas), Mobile Patroli Komando Sabhara (M-Patko Sabhara) dan Banten Bersatu.

"Semua aplikasi inovasi itu sudah terkoneksi di lingkungan Polda Banten dan Polres jajaran sehingga dapat meningkatkan efektivitas pelayanan kepada publik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini