Sukses

Hasto Luruskan Soal Tuduhan Ribka Tjiptaning Penyebar Komunis

Hasto Kristiyanto menjadi saksi di persidangan ujaran kebencian dengan terdakwa Alfian Tanjung.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meluruskan soal kader PDIP yang juga anggota DPR, Ribka Tjiptaning, yang dituduh menyebarkan paham komunis.

Hal itu terjadi dalam sidang dakwaan ujaran kebencian dengan terdakwa Alfian Tanjung. Agenda sidang hari ini adalah mendengarkan keterangan saksi, yaitu dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Bantahan itu disampaikan Hasto Kristiyanto saat kubu Alfian menunjukkan buku karangan Ribka yang berjudul Aku Bangga jadi Anak PKI. Namun, bukan berarti Ribka Tjiptaning menyebarkan ideologi komunis.

"Saya luruskan yang mulia, bahwa dalam buku tersebut, anak PKI masuk, tapi bukan saya PKI, bukan menyebarkan saya PKI, tapi adalah anak PKI masuk," kata Hasto bersaksi untuk terdakwa Alfian Tanjung dalam kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (7/2/2018).

Awalnya, tim penasihat umum Afian Tanjung sempat menyinggung Ribka yang mengaku sebagai anak PKI. Tim penasihat umum juga sempat memutar rekaman video pengakuan Ribka Tjiptaning.

Menurut Hasto, pernyataan Ribka Tjiptaning itu di luar materi pokok persidangan.

“Kalau itu dikaitkan dengan materi seperti yang bagaimana disampaikan (tim penasihat hukum), yang mengetahui tentang anggota PDIP itu adalah Sekjen. Itu bisa dicek di KPU pada saat verifikasi,” kata Hasto.

Hasto juga sempat membantah kader PDI Perjuangan banyak dari PKI.

"Kami punya KTA semuanya, kami punya sistem informasi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang di KPU juga ada. Itu bisa diteruskan apakah PKI atau bukan. Karena kami partai yang kokoh berdasarkan Pancasila," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Rizieq Shihab

Hasto bercerita dirinya sempat bertemu Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab. Pertemuan terjadi di daerah Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut, menurut Hasto, Rizieq Shihab sempat menyampaikan banyak anggota FPI merupakan anak dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Sama dengan ketika saya bertemu dengan Habib Rizieq di Megamendung, beliau juga mengatakan, banyak anak PKI yang juga ada di FPI, beliau mengatakan, jadi sama. Tetapi dia (Rizieq) bukan (anggota) PKI," ujar Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini