Sukses

Bonggol Jagung, Produk Kreatif Berbuah Manis

Di tangan Edi, bonggol jagung berubah bentuk menjadi kap lampu hias. Ada juga yang dibuat menjadi tas jinjing cantik. Cocok buat wanita karir dan mahasiswi.

Liputan6.com, Bogor: Tahukah Anda bila Kota Bogor, Jawa Barat, termasuk penghasil asinan jagung terbesar di Tanah Air. Nah, limbah bonggol jagung yang semula hanya menjadi sampah dan dibuang begitu saja, ternyata bisa menghasilkan.

Hal tersebut dibuktikan Edi Fuandie. Dia mengolah bonggol jagung menjadi barang berguna. Bahkan, dengan sedikit kreativitas, Edi membuat bonggol jagung menjadi aneka kerajinan.

Di tangan Edi, bonggol jagung berubah bentuk menjadi kap lampu hias. Ada juga yang dibuat menjadi tas jinjing cantik. "Cocok untuk wanita karir maupun mahasiswi," ujar Edi, baru-baru ini.

Menurut Edi, semua bonggol jagung diperoleh dengan gratis dari pasar. Dia sama sekali tidak membelinya. Hanya dibantu kuli panggul membawa bonggol tersebut.

Sesampainya di rumah, bonggol jagung dibentuk sesuai selera. Dia menyarankan agar sebelum membentuk, kita membuat desain sehingga bahan baku yang dibentuk bisa disiapkan.

Jika sudah selesai, karya Edi siap dipasarkan. Hasilnya tak kalah dengan buatan pabrik yang mempunyai peralatan dan dana tak terbatas.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.