Sukses

Zumi Zola: Saya akan Ikuti Semua Proses Hukum

Zumi Zola hadir dalam rapat koordinasi gubernur-gubernur dengan Kementerian Dalam Negeri. Acara tersebut berlangsung di Hotel Bidakara.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jambi Zumi Zola menyatakan akan mengikuti proses hukum terkait dugaan suap yang menjeratnya. Status mantan artis ini menjadi tersangka KPK dalam perkara itu.

"Dan saya sebagai gubernur, saya akan menjalankan tugas, ya, tadi saya sudah bicarakan dengan Pak Mendagri," kata Zumi, Rabu (7/2/2018).

Ia hari ini hadir dalam rapat koordinasi gubernur-gubernur dengan Kementerian Dalam Negeri. Acara tersebut berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Hadir pula dalam acara tersebut Gubernur Jambi Zumi Zola.

Pembicaraan dengan Mendagri Tjahjo Kumolo meliputi persoalan kedinasan maupun urusan kementerian. Namun, Zumi enggan mengomentari kasus yang menjeratnya.

"Untuk pembicaraan informasi lebih lanjut silakan teman-teman bicara dengan kuasa hukum saya," Zumi Zola memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Disangka

Penetapan status tersangka gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Gubernur Jambi Zumi Zola benar-benar membuat heboh kalangan seantero Jambi. Banyak warga yang mendoakan agar gubernur ganteng tersebut tetap tegar. Tak sedikit pula yang berharap kasus tersebut diusut tuntas.

Ani misalnya, ibu rumah tangga di Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, ini mengaku sedih atas masalah hukum yang tengah menjerat Zumi Zola. Padahal, selama ini, Zola dikenal sebagai sosok yang baik dan sopan di kalangan masyarakat banyak.

"Muda, kaya, tapi tidak sombong. Sering minum dan makan sama kami kalau berkunjung ke pasar," ujar Ani yang mengaku sehari-hari berdagang sayur di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, kepada Liputan6.com, Sabtu (3/2/2018).

Hal tidak jauh berbeda juga dikatakan Kurniawati, salah seorang guru di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang notabene adalah kampung halaman keluarga besar Zumi Zola.

Wati, sapan akrab Kurniawati, tak menyangka sosok gubernur yang selama ini diidolakannya tersandung kasus suap atau gratifikasi. Padahal, kata dia, selama menjabat sebagai Bupati Tanjabtim hingga duduk sebagai gubernur, Zumi Zola dikenal tegas dan tidak ada kesan "nakal".

Berbeda dengan Wati maupun Ani, Iman, salah seorang warga Kabupaten Sarolangun, Jambi, berharap KPK benar-benar mengusut tuntas kasus yang tengah disidik tersebut. Selain itu, kasus yang tengah menjerat Zumi Zola itu bisa menjadi bahan pembelajaran.

"Tidak hanya bagi kalangan pemerintah agar benar-benar bersih. Tapi juga masyarakat, agar bisa menilai ke depan bisa lebih kritis lagi dalam memilih calon pemimpin," ujar Iman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.