Sukses

BMKG Minta Masyarakat Waspadai 3 Hal Ini Saat Curah Hujan Tinggi

BMKG memprediksi curah hujan tinggi akan terjadi di wilayah Indonesia hingga Maret 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengimbau masyarakat waspada dengan curah hujan tinggi yang terjadi di Tanah Air. Setidaknya ada tiga hal yang mesti diwaspadai masyarakat.

Pertama, masyarakat diminta waspada dengan potensi genangan, banjir, maupun longsor. Anjuran ini khususnya diperuntukkan bagi mereka yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat dan punya kerawanan longsor.

Kedua, masyarakat diminta waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon dan baliho roboh.

"Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir," ujar Dwikorita dalam video conference di Kantor BMKG, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Yang ketiga, Dwikorta berpesan kepada nelayan dan yang lainnya agar waspada hujan lebat disertai angin kencang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil.

Menurut dia, potensi hujan di Tanah Air akan terjadi hingga Maret 2018. Hal itu berdasarkan analisis dinamika cuaca.

"Kondisi ini terlihat dari dominasi angin baratan yang cukup kuat sejak Januari 2018," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Berpotensi Hujan

Beberapa wilayah berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat dalam seminggu ke depan sejak 6 hingga 12 Februari 2018. Wilayah itu adalah Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Pulau Jawa bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, NTT, dan sebagian besar Papua.

Selain itu, ada pula potensi angin kencang hingga 20 knot juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia meliputi Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudra Hindia Selatan, Jawa Tengah, NTB, dan Laut Arafuru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.