Sukses

BMKG: Jabodetabek Akan Diguyur Hujan Ekstrem hingga 12 Februari

BMKG meminta agar masyarakat selalu waspada dengan bencana lain selain curah hujan yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jabodetabek akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Curah hujan tinggi akan melanda Ibu Kota dan sekitarnya sejak hari ini hingga sepekan ke depan.

“Menurut analisis cuaca saat ini diperkirakan kondisi hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi diperkirakan hingga 12 Februari 2018,” ujar Kepala BKMG Pusat, Dwikorita Karnawati dalam live video conference di Kantor BMKG Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2018).

Lantaran hal tersebut, Dwikorita mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dwikorta meminta kepada BNPB dan BPBD untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar terus waspada dengan curah hujan yang tinggi. Menurut dia, masyarakat juga bisa mengetahui perkembangan seputar cuaca melalui aplikasi InfoBKMG.

“Dari sini masyarakat bisa dapat update, tidak hanya soal prediksi cuaca, tapi juga potensi tsunami, informasi gempa dan lain-lain,” kata dia.

Dwikorta juga meminta agar masyarakat selalu waspada dengan bencana lain selain curah hujan yang tinggi. Seperti waspada dengan potensi gempa yang bisa datang sewaktu-waktu.

“Kita disibukkan dengan cuaca ekstrem yaitu potensi bencana, namun kami tetap memohon dan mengimbau seluruh warga masyarakat tentang potensi kegempaan juga,” terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan