Sukses

Buwas Sebut China Pemasok Terbesar Sabu ke Indonesia

Buwas membeberkan permintaan narkoba di Indonesia besar. Begitu juga dengan jaringan pengedarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BNN Komjen Budi Waseso alias Buwas mengatakan, ada 11 negara yang menyuplai aktif berbagai jenis narkoba di Indonesia. Untuk jenis sabu, China menjadi negara terbesar yang mensuplai barang haram tersebut ke NKRI.

"Tapi terbesar presentasenya dari China. Nah kalau ekstasi terbesar dari Eropa, Amsterdam, Jerman," ucap Budi Waseso di Gedung DPR RI, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2018).

Buwas menyebutkan, Singapura juga turut serta mensuplai narkoba ke Indonesia, namun negara tersebut tidak menjadi produsen yang membuatnya.

"Nah dia transit, terus ada jaringannya ada di sana, terus dia suplai ke Indonesia," ujarnya.

Buwas membeberkan permintaan narkoba di Indonesia besar. Begitu juga dengan jaringan pengedarnya. Hal tersebut menjadikan persoalan narkoba di Indonesia menjadi sulit untuk ditaklukan.

"Terus di sini ada upaya-upaya meregenerisasi pangsa pasar yang dilakukan oleh jaringan. Jaringan ingin selalu eksis laku," kata dia.

Kepala BNN ini juga mengungkapkan bahwa para jaringan narkoba memanfaatkan 10 persen dari hasil kekuatan penjualan narkoba itu untuk membiayai regenerasi pangsa pasar. Menurutnya hal tersebut menjadikan para pengguna narkoba di Indonesia tidak terputus.

"Dia kan harus ada regenerasi pangsa pasar, maka dia memanfaatkan 10 persen dari hasil penjualan narkotika untuk membiayai regenerasi pangsa pasar. Itu yang harus kita pahami," ungkap Buwas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencegahan

Sebagai pencegahan, Buwas menjelaskan institusinya telah memprioritaskan pada tahun 2018 ini untuk melakukan pencegahan. Pencegahan akan digalakan satunya di lingkup terkecil masyarakat, yakni dalam lingkungan keluarga dan lingkungan pendidikan.

"Keluarga untuk peran seorang ibu. Pendidikan seorang guru, terus dilingkunan sosial itu peran tokoh-tokoh masyarakat agama, kita akan galakan ini," jelas Buwas.

Harapannya, pangsa pasar narkoba bisa kemudian ditekan. Lebih jauhnya, persoalan tersebut diharapkannya dapat hilang.

"Tidak perlu lagi nantinya ada berantas-berantas seperti ini, syukur bisa hilang," kata Buwas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.