Sukses

J&T Express Ekspansi Bisnis ke Malaysia dan Vietnam

Pertumbuhan pasar e-commerce yang pesat di Asia Tenggara membuat J&T Express semakin yakin untuk go internasional.

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan pasar e-commerce yang pesat di Asia Tenggara dalam 5 tahun terakhir, membuat perusahaan pengiriman asal Indonesia, J&T Express semakin yakin untuk go internasional. Pada Maret 2018, J&T Express akan melakukan ekspansi ke dua negara di Asia Tenggara yakni Malaysia dan Vietnam pada Maret 2018.

Key Account Manager J&T Express, Iwan Senjaya mengatakan bahwa ekspansi tersebut merupakan wujud pencapaian visi J&T Express untuk menjadi perusahaan pengiriman berbasis teknologi internet dengan jangkauan sampai Asia Tenggara.

"Malaysia dan Vietnam memiliki pertumbuhan e-commerce yang baik serta pertumbuhan ekonomi yang signifikan," ujar Iwan saat acara Media Gathering "Hari Pers Nasional 2018" di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Dilasir dari statista.com, pendapatan di pasa e-commerce Malaysia mencapai US$ 1.076 pada tahun 2017. Sedangkan Vietnam berada diperingkat 3 teratas pasar internet yang sedang berkembang di tahun 2015 dengan pertumbuhan lebih dari 39 persen. Dikutip dari smartosc pendapatan dalam jumlah pasar e-commerce Vietnam menjadi US$ 2.187 pada tahun 2016.

Selain karena faktor pertumbuhan ekonomi, Iwan juga menjelaskan alasan pemilihan Malaysia dan Vietnam karena kesamaan geografis keduanya dengan Indonesia.

"Proses yang kita jalankan di Indoensia, akan kita coba di sana. Kalau Malaysia dan Vietnam ini sukses, tahun 2019 kita akan ekspansi ke negara lain. Kita ingin membawa perusahaan Indonesia ke luar negeri," kata Iwan.

Sementara itu terkait strategi menghadapi persaingan bisnis di Indonesia, Iwan menegaskan bahwa pihaknya fokus pada peningkatan kualitas layanan, sumber daya manusia, dan pemanfaatan teknologi.

"Bisnis ini yang paling sulit adalah Sumber Daya Manusia, karena kita berbicara dengan kurir yang harus berhadapa dengan berbagai customer, kadang untuk kontroling itu sesuatu yang harus benar-benar kita pegang. Kita akan perketat lagi secara kualitas dan efisiensi, karena itu kita membangun mesin sortir otomatis. Kita menghitung secara efisiensi dan kualitas lebih bagus," jelas Iwan.

J&T Express merupakan perusahaan yang memberikan pelayanan pengiriman maksimum, salah satunya 365 hari kerja tanpa libur. J&T Express juga pelopor layanan Gratis Jemput di Tempat tanpa minimum jumlah dan berat paket. Layanan ini memudahkan pelanggan untuk dapat mengirimkan paket tanpa perlu repot keluar rumah. Media pengiriman nya pun dapat melalui 3 jenis pengiriman yaitu aplikasi ponsel, website maupun call center 24 jam bebas pulsa.

Dengan slogan "Express Your Online Business", J&T Express mendedikasikan diri untuk mendukung pertumbuhan e-commerce melalui jasa pengiriman berbasis teknologi dengan e-tracking sistem.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini