Sukses

Jokowi: Bertahun-tahun Pendidikan Kita Tanpa Inovasi Besar

Jokowi mengingatkan kepada Kepala Dinas dan Organisasi Guru untuk terus berinovasi di dunia pendidikan.

Liputan6.com, Depok - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud di Jalan Raya Ciputat, Bojong, Depok, Jawa Barat. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada para peserta, yakni kepala dinas dan organisasi guru, untuk terus berinovasi di dunia pendidikan.

"Sudah bertahun-tahun kita berjalan rutin tanpa ada sebuah pembaharuan, tanpa sebuah inovasi besar di dalam dunia pendidikan dan kebudayaan kita," kata Jokowi, Selasa (6/2/2018).

Menurut Jokowi, perubahan dunia saat ini berjalan begitu cepat. Dengan begitu, perlu perubahan dan inovasi di dunia pendidikan Indonesia.

Ia menilai, hal ini guna menciptakan generasi-generasi bangsa yang mampu bersaing di kancah internasional.

"Itulah modal kita sebagai bangsa besar. Masalah apa pun yang ada di daerah dan sekaligus mampu memenangi kompetisi global nantinya," ucap Jokowi.

Hanya saja, Jokowi mengingatkan agar para guru di Indonesia tidak mengesampingkan pendidikan watak kebangsaan dan daya juga juang untuk anak-anak didik mereka.

Justru era kemajuan teknologi saat ini, sambungnya, para anak didik tak hanya belajar dari bangku sekolah, tetapi dapat memperoleh ilmu dari media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Kearifan Lokal

"Inilah yang harus memperkuat kearifan lokal kita. Hati-hati akar budaya kita, justru anak-anak kita belajar lewat medsos hal-hal yang bukan budaya negara kita Indonesia. Oleh sebab itu, kebudayaan menjadi napas bagi bangsa dan nilai-nilai kebangsaan bagi anak-anak didik kita," terang Jokowi.

Selain memberikan pengarahannya, Jokowi juga membuka secara simbolik acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan dengan memukul gong. Sejumlah menteri juga turut hadir dalam pembukaan acara ini, di antaranya Menko PMK Puan Maharani, Mendikbud Muhajir, dan Mensesneg Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi