Sukses

J&T Express Punya Mesin Sortir Kapasitas 950 Ribu Paket Perhari

J&T Express, perusahaan pengiriman yang tengah berkembang saat ini, memiliki mesin baru di gateway (pusat sortir) Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta J&T Express, perusahaan pengiriman yang tengah berkembang saat ini, memiliki mesin baru di gateway (pusat sortir) berupa mesin semi auto sortir yang berfungsi mempercepat operasional distribusi paket.

Gateway J&T Express Indonesia yang berlokasi di Rawa Bokor, Tangerang ini berdiri di area seluar 1 hektar. Panjang total jalur konveyor adalah 783 meter dengan kapasitas penanganan maksimum rata-rata harian bisa mencapai 950 ribu paket sehari.

Key Account Manager J&T Express, Iwan Senjaya mengatakan sesuai dengan misi untuk fokus pada bisnis e-commerce, J&T Express telah terintegrasi baik dengan platform dan marketplace besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Untuk terus meningkatkan layanan operasional yang lebih cepat, J&T Express membangun mesin baru di gateway Jakarta.

Sejak Desember 2017, Iwan mengungkapkan bahwa mesin semi auto sortir sudah resmi digunakan dan teruji mampu mengatasi masalah overload paket di masa peak season Desember lalu.

"Tidak ada masalah dengan load paket yang berlipat ganda dibanding load bulan-bulan sebelumnya. Overload jarang terjadi karena menggunakan mesin semi auto sortir yang mempercepat proses sortir barang," ujar Iwan Senjaya saat acara Media Gathering "Hari Pers Nasional 2018" di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Penggunaan peralatan mesin ini termasuk otomatis tingkat tinggi dengan desain jalur sortir yang paling efektif, mengurangi operator, meningkatkan efisiensi kerja, dan mengurangi tingkat kerusakan paket.

Key Account Manager J&T Express, Iwan Senjaya.

Peralatan sistem utama dari saluran transmisi menggunakan konveyor belt yang terbagi dalam 10 line body control yang terbagi secara signifikan per moda transportasi; jalur dipisahkan untuk jalur paket luar pulau (via udara), jalur paket internal Pulau Jawa, jalur paket area Jakarta Raya, dan jalur paket Bodetabek.

Iwan mengatakan bahwa J&T Express juga dapat mengubah mesin menjadi full otomatis jika memang terjadi peningkatan yang luar biasa terkait pengiriman paket

"Ternyata di akhir tahun 2018, kuantitinya banyak yang naik, kita akan menggunakan full otomatis. Karena secara speed akan lebih cepat, tingkat akurasi lebih baik, mesin yang bisa bekerja 24 jam jadi bisa lebih efisien," tambah Iwan.

Selain membangun mesin sortir di Jakarta, Iwan mengungkapkan bahwa J&T Express juga membangun sistem yang sama di kota Bandung, Semarang, dan Surabaya.

"Karena kota-kota tersebut merupakan kota dengan paket terbanyak setelah Jakarta. Pembangunan diproyeksikan selesai sekitar kwartal ke-4 (akhir tahun 2018)," tutur Iwan.

J&T Express hadir dengan berbagai keunggulan dalam menyediakan jasa pengiriman yang berkualitas dan nyaman bagi para pelaku bisnis e-commerce.

Mengusung Express Your Online Business sebagai slogan, J&T Express merupakan jasa pengiriman di Indonesia yang fokus pada bisnis online dengan sejumlah fasilitas yang memudahkan pada pelaku bisnis yang kini terus bertumbuh dengan pesat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.