Sukses

Rumah Banjir 2 Meter, Warga Rawajati Mengungsi di Kolong Flyover

Pemukiman warga di RW 007 yang paling parah terkena banjir di Rawajati, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir di Jakarta membuat ratusan warga di tiga RW Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan mengungsi. Ketinggian air bahkan sudah sampai 2 meter dan sampai di pinggir jalan raya persis di bawah flyover Rawajati.

“Semua warga dipastikan sudah dievakuasi dari rumah,” ujar Suparman di lokasi, Senin (5/2/2018).

Dia menjelaskan, ratusan warga korban banjir di Rawajati tersebut berasal dari RW 001, 003, dan 007. Menurut Suparman, ada sekitar 250 keluarga yang tinggal di Kelurahan Rawajati.

Dari tiga RW tersebut, kata dia, pemukiman warga di RW 007 paling parah terkena banjir. Bahkan, ada rumah warga di RT 003/RW007 atapnya sudah terendam air.

"Di RW 007 itu di RT 003 terendam paling parah, ada yang sampai 2,5 meter," kata dia.

Para korban banjir di Rawajati ini diungsikan sementara ke bawah kolong flyover dan rumah warga eks-PJTKI Jalan Bina Warga.

“Sementara untuk posko utamanya ada di rumah dinas dokter di Jalan Binawarga,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detik-Detik Kenaikan Air

Suparman menjelaskan, peningkatan air ini mulai terjadi pada pukul 18.30 WIB sedangkan pada pukul 13.00 WIB siang tadi air hanya setinggi 30-50 centimeter.

“Kemudian air mulai naik pukul 14.30 WIB menjadi setinggi 150 centimeter,” jelas Suparman.

Proses evakuasi, lanjut dia, dibantu oleh tim dari Basarnas dan PMI. Menurut Suparman, kelurahan juga turut menyiagakan dua unit mobil ambulans, dua perahu karet, dan posko kesehatan di Puskesmas Rawajati 2.

Sebagian besar warga saat ini masih bertahan di bawah flyover Rawajati. Sejumlah barang seperti peralatan dapur, rak, dan pakaian telah dikeluarkan dari rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini