Sukses

Polisi Bebaskan 2 Terduga Teroris

Polisi telah menangkap tujuh pelaku yang diduga terlibat aksi teror di beberapa daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah menangkap tujuh pelaku yang diduga terlibat aksi teror. Tujuh pelaku tersebut tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

"Ya kita sudah melakukan upaya-upaya pencegahan dengan penangkapan ada sekitar tujuh penangkapan," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (5/2/2018).

Namun, dua dari tujuh pelaku tersebut sudah dibebaskan. "Lima orang ini kita masih punya waktu dalam lima hari ke depan," tutur Martinus.

Selama masa penahanan tersebut, polisi berusaha mendalami keterlibatan yang bersangkutan terkait praktik-praktik terorisme.

Selain itu, salah satu terduga teroris HS di Solo tengah diselidiki lebih lanjut keterlibatannya dalam aksi teror. Apalagi HS merupakan mantan narapadina terorisme yang sudah bebas selama tiga tahun.

Ada beberapa dugaan yang tengah didalami kepolisian terhadap lima terduga aksi teror.

"Umumnya bagi yang kasus-kasus terorisme itu mereka yang mengirim uang, mendanai, kemudian melakukan aksi, membuat bom itu sendiri, itu adalah modus-modus yang dilakukan para pelaku teror. Ini kita lihat nanti jaringannya ke mana," jelas Martinus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penangkapan di Solo

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Menangkap tiga terduga teroris di Solo dan Karanganyar, Minggu, (4/2/2018). Penangkapan ketiga terduga teroris itu tidak terkait jaringan Banyumas dan Temanggung.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono membenarkan jika Densus 88 telah menangkap tiga orang terduga teroris di daerah Solo dan Karanganyar.

"Penangkapan tiga orang terduga teroris dilakukan oleh Densus dan di-backup jajaran Polda Jawa Tengah," kata Condro di Mapolresta Solo, Minggu.

Mantan Kakorlantas Polri itu menyebutkan dari tiga orang terduga teroris yang ditangkap itu, dua terduga teroris ditangkap di Karanganyar.

"Dua orang itu berinisial S ditangkap di Gondangrejo dan EM ditangkap di Desa Jatigung, Gondangrejo," ucapnya.

Selain di Karanganyar, Condro mengungkapkan, Densus 88 juga menangkap seorang terduga teroris di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Minggu.

"Satu terduga teroris di Solo itu berinisial HS alias AN," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.