Sukses

Der Spiegel Beberkan Foto Pembantaian Warga Afghanistan

Majalah Jerman Der Spiegel melaporkan dugaan pembunuhan dan penyiksaan warga sipil Afghanistan yang dilakukan tentara AS.

Liputan6.com, Berlin: Mingguan berita terkemuka Jerman, Der Spiegel, melaporkan dugaan pembunuhan warga sipil Afghanistan yang dilakukan tentara Amerika Serikat. Laman NHK mewartakan, Rabu (23/3), Der Spiegel edisi Senin silam membeberkan foto-foto tentara AS yang berpose di atas tubuh seorang warga sipil. Bahkan, salah satu tentara AS tersenyum sambil berjongkok di samping mayat warga sipil tersebut.

Majalah tersebut melaporkan, tentara AS berpura-pura telah diserang di sebuah desa dekat Kota Kandahar, Afghanistan, Januari tahun silam. Dengan alasan membela diri, tentara AS pun membunuh warga sipil tersebut. Majalah ini juga membeberkan kekejaman tentara AS sehingga menewaskan dua warga sipil Afghanistan lainnya pada Februari dan Mei tahun lalu. Kejadian ini menjadi aib dan skandal terbesar bagi militer Negeri Adidaya sejak insiden pelecehan tawanan di Abu Ghraib di Irak, terjadi.

Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan, kedua belas tentara yang terlibat skandal ini akan diajukan ke pengadilan militer. AS juga akan menyelidiki tuduhan pelanggaran oleh tentara, termasuk perlakuan yang tidak manusiawi terhadap jasad. Prajurit yang melanggar akan dimintai pertanggungjawaban.(DES/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini