Sukses

Liga Pekerja Indonesia Zona Jambi Resmi Dimulai

Liga Pekerja Indonesia Zona Jambi Mulai Bergulir

Liputan6.com, Jambi Kick off (tendangan pertama) Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Haiyani Rumondang, dalam laga pembuka PTPN VI melawan Autimall, menandai dimulainya Liga Pekerja Indonesia (LPI) Zona Provinsi Jambi di Jambi Selatan, Jambi, Minggu (4/2/2018).

Sebanyak sembilan klub yang terbagi dalam dua grup mengikuti Liga Pekerja Indonesia (LPI) Zona Provinsi Jambi akan berlaga pada 14-18 Februari 2018 di lapangan sepakbola Persijam Kota Jambi, Kelurahan Wijayapura, Kecamatan Jambi Selatan.

Grup A berisi empat klub, yaitu PT WKS, PT LPPI, PT Petro China, dan PT Trimitra Lestari. Sementara itu, lima tim penghuni grup B adalah PT Agung Autimall, PTPN VI, PT SAL, PDAM Tirta Batanghari, dan PLN Jambi.

Mewakili Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, Haiyani mengatakan bahwa penyelenggaraan LPI merupakan bagian upaya meningkatkan produktivitas pekerja dan perusahaan, serta sebagai sarana meningkatkan hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

“LPI dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan, dan sportivitas, khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepak bola," ujarnya.

Ia menyatakan, pelaksanaan LPI merupakan kegiatan yang patut dicontoh oleh para pemangku kepentingan dalam merayakan May Day. Tujuannya, kata Menaker, agar pemaknaan peringatan May Day ini tidak hanya dilakukan dengan unjuk rasa dalam menyuarakan aspirasi pekerja/buruh, tetapi juga membuat suatu gerakan/aksi yang bermanfaat bagi masyarakat luas dengan suasana gembira.

“Penyelenggaraan LPI merupakan momentum tepat dalam menyambut May Day Tahun 2018 dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan bagi semua unsur, baik SP/SB, pengusaha, dan pemerintah, sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh," ucap Haiyani.

Sementara itu, dalam sambutan pembukaan LPI, Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Fachrori Umar, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memberikan apresiasi dan menyambut positif penyelenggaraan LPI. Bukan hanya wahana untuk membangkitkan kebersamaan antar pekerja/buruh dan meningkatkan hubungan industrial, tetapi juga melahirkan atlet sepakbola di Jambi.

Babak penyisihan LPI digelar di 34 provinsi dan diikuti maksimal 16 tim. Tim juara akan berlaga di delapan zona regional. Selanjutnya, tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional untuk melaju ke babak semi-final dan babak final di Jakarta. Laga final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.

Juara I LPI, selain mendapatkan piala bergilir Presiden, juga berhak mengantongi uang pembinaan. Selain itu, kepada pemain dari tim Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara IV, juga akan diberikan penghargaan dengan kategori Top Scorer, Best Player, dan Best Goal keeper.

Pergelaran LPI dimulai di Stadion Delta Sidoarjo (Jawa Timur) pada Minggu (17/12/2017), dan dilanjutkan di Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Utara, dan Bangka Belitung dengan melibatkan 544 tim sepak bola dari unsur pekerja dan pengusaha dari seluruh Indonesia.

LPI di Jambi diselenggarakan atas prakarsa Kemnaker bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asosiasi Pengusaha (APINDO), dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Provinsi Jambi.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.