Sukses

BPBD DKI: Jakarta Siaga I Banjir Kiriman

Ketingian muka air di Katulampa masuk kategori siaga I.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengumumkan peringatan dini banjir. Informasi itu dikeluarkan menyusul hasil pengamatan ketinggian muka air di Bendungan Katulampa, Bogor.

Menurut akun Twitter resmi BPBD DKI, pada pukul 08.30, ketinggian Katulampa mencapai 220 cm. Ketinggian itu masuk kategori Siaga I.

Peringatan banjir terutama ditujukan untuk warga di bantaran kali Ciliwung.

"#PeringatanDiniJKT : Waspada #banjir kiriman di bantaran kali ciliwung," tulis @BPBDJakarta, Senin (5/2/2018).

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Minggu malam menyebabkan debit air sungai Ciliwung naik Senin pagi ini.

Petugas Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menjelaskan kenaikan volume air terjadi secara bertahap. Debit air mulai naik sejak Minggu tengah malam, yakni pukul 00.00 WIB.

"Debit air mulai naik pada Minggu pukul 23.00 dan terus sampai ketinggian 110 cm pada pukul 01.00 WIB," kata Andi, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, debit air sempat turun naik di kisaran 80-90 cm selama empat jam. Kemudian kembali naik menjadi 110 cm pada pukul 07.00 WIB dan terus naik sampai 130 cm pukul 07.25 WIB.

  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawasan Puncak Diguyur Hujan

Mengingat di kawasan Puncak dan sekitarnya terus diguyur hujan dengan intesitas sedang dan lebat, tinggi muka air naik drastis, yakni mencapai 220 cm atau Siaga I Banjir Jakarta pada pukul 08.30 WIB

"Pukul 18.15 WIB debit air sempat naik di angka 180 cm dan naik lagi pukul 08.50 WIB jadi Siaga I atau 230 cm," ujar Andi.

Andi mengatakan, petugas mengawasi secara intensif kenaikan permukaan air dan siap melaporkan secara berkala kepada Pemkab dan Kota Bogor serta Pemprov DKI Jakarta.

Ia menambahkan, masyarakat Kota Jakarta diminta waspada. Itu karena tidak hanya di Bogor, kenaikan permukaan air Sungai Ciliwung juga terjadi di Pintu Air Depok dan Manggari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.