Indonesia Dukung Timor Leste Masuk ASEAN

on

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia sebagai Ketua ASEAN mendukung Timor Leste menjadi anggota perhimpunan negara-negara Asia Tenggara itu sebelum batas waktu target keterhubungan ASEAN pada 2015. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa usai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/3), mengatakan, masuknya bekas provinsi ke 27 Indonesia itu sebagai anggota ASEAN tentu membawa dampak pada target terwujudnya keterhubungan ASEAN pada 2015.

Namun, menurut dia, Timor Leste secara geografis dan geopolitik adalah bagian dari Asia Tenggara sehingga bergabungnya negara itu ke dalam ASEAN hanyalah masalah waktu. Menurut Marty, pada pertemuan bilateral antara Presiden Yudhoyono dan PM Gusmao, Timor Leste kembali menegaskan keinginan untuk menjadi anggota ASEAN.

Meski Indonesia mendukung permohonan Timor Leste, imbuh Marty, tetap memerlukan konsensus dari semua negara ASEAN. Sebab, ada satu anggota ASEAN yang sampai saat ini menolak bergabungnya Timor Leste ke dalam ASEAN.(ANS/Ant)

Suka artikel ini?

0 Comments