Sukses

Puluhan Rumah Kembali Terendam Lumpur

Puluhan rumah warga di Dusun Klumpukan, Desa Seloboro, Kabupaten Magelang, Jateng, terendam banjir setinggi hampir 1,5 meter dari aliran Kali Putih.

Liputan6.com, Magelang: Puluhan rumah warga di Dusun Klumpukan, Desa Seloboro, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terendam banjir setinggi hampir 1,5 meter dari aliran Kali Putih. Banjir yang terjadi Sabtu (19/3) malam ini adalah akibat jebolnya tanggul penahan terjangan banjir lahar dingin. Warga sempat dilanda kepanikan karena ketinggian lumpur mencapai hampir satu setengah meter.

Untuk mengantisipasi kondisi bertambah buruk, warga memilih mengungsi ke rumah tetangga yang dianggap aman. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui jumlah kerugian rumah yang rusak karena terendam. Namun, banjir lahar dingin kali ini dirasa terbesar bagi 230 jiwa warga Dusun Klumpukan yang juga kembali meluap ke Desa Sirahan.
 
Sedangkan di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, banjir lahar dingin menerjang Dusun Jaranan, Desa Argomulyo, Sabtu malam. Banjir mengakibatkan sedikitnya 16 rumah rusak. Bangunan tertimbun pasir dan tiga warga mengalami luka bakar saat berusaha menyelamatkan diri menyebrangi genangan banjir yang ternyata airnya panas.
 
Saat ini sejumlah warga diungsikan. Warga dipindahkan menyusul banjir lahar yang diperkirakan masih terjadi.(ADO/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.