Sukses

Musik Patrol, Kesenian Unik Sidoarjo

Setiap daerah pasti memiliki kesenian dan tradisi unik. Kesenian tradisional dari Sidoarjo, Jatim, yaitu musik patrol konon digunakan sebagai sarana membangunkan warga untuk sahur di bulan puasa.

Liputan6.com, Sidoarjo: Musik Patrol adalah kesenian tradisional Sidoarjo, Jawa Timur. Warga yang menggemari dan mencintai kesenian tersebut tergabung dalam komunitas musik patrol.

Alat musik patrol cukup sederhana, di antaranya gong, kentongan, kenong, juga tong plastik. Meski sederhana irama yang ditimbulkan dari perpaduan berbagai unsur alat musik ini sangat menarik perhatian penonton.

Anggota komunitas musik patrol bukan hanya lihai bermain musik. Namun cara memamerkan kebolehannya memainkan alat musik ini juga cukup unik dengan berjalan dan berjoget di sepanjang jalan.

Di tangan Wadji, musik patrol bukan hanya menjadi musik pinggiran dan jalanan. Namun musik patrol bisa menjadi musik yang mampu mengangkat dan menambah khasanah kesenian daerah. Selain itu komunitas ini juga bisa mengangkat dan memberikan penghasilan bagi anak-anak putus sekolah dan pengangguran.

Meski sudah berusia 10 tahun komunitas musik patrol yang anggotanya sudah berjumlah 30 orang ini mampu bertahan ditengah gempuran budaya barat di Indonesia.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini