Sukses

Ratusan TKI Bermasalah Akhirnya Dipulangkan

Ratusan TKI bermasalah di Jeddah, Arab Saudi, dipulangkan ke Tanah Air. Sebelumnya mereka sempat berunjuk rasa menuntut proses pemulangan.

Liputan6.com, Tangerang: Sebanyak 368 tenaga kerja Indonesia (TKI), sembilan di antaranya anak-anak dan bayi, dengan menumpang pesawat GA 985 tiba di terminal TKI di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (19/3). Mereka bersyukur bisa kembali ke Tanah Air karena selama merantau di Jeddah, Arab Saudi, kerap mendapat perlakuan kasar dari majikan dan tidak mendapat gaji sesuai perjanjian.
 
Setibanya di bandara pihak BNP2TKI langsung mendata seluruh identitas TKI bermasalah termasuk meminta sidik jari dan foto diri. Ini merupakan bagian dari upaya pencekalan terhadap para TKI bermasalah sehingga tidak bisa kembali bekerja di luar negeri.

Dari data BNP2TKI tercatat masih ada sekitar 10.000 TKI bermasalah yang ada di Arab Saudi. Pemerintah menargetkan akan memulangkan mereka secara bertahap dan diperkirakan seluruhnya akan dapat dipulangkan pada akhir April nanti.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.