Sukses

Pesona Gua Hawang, Keindahan Alam Berpadu Cerita Legenda Rakyat Maluku

Gua Hawang, Maluku, bukan hanya indah, tapi juga punya cerita yang melegenda.

Fokus, Maluku - Selain keindahan panorama alam, legenda yang hidup di kalangan masyarakat dapat menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Gua Hawang, Maluku. Bukan hanya indah, tapi gua ini juga punya cerita yang melegenda.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Jumat (2/02/2018), Gua Hawang berada di Desa Letvuan, Kecamatan Kei Kecil. Letaknya, sekitar 15 kilometer dari Langgur, Tual. Di dalam gua terdapat kolam yang airnya sangat jernih dan bersuhu sejuk, yang membuat hawa di area tersebut terasa segar.

Selain itu, yang menarik banyak wisatawan datang ke Gua Hawang adalah legenda rakyat setempat, mengenai seorang lelaki yang dikutuk menjadi batu, karena memaksa ibunya untuk berhubungan badan.

Hingga kini, batu yang bentuknya menyerupai alat kelamin laki-laki ini masih berdiri tegak di tengah Gua Hawang, dan dijadikan pegangan bagi pengunjung yang kelelahan setelah berenang di dalam gua. Banyak wisatawan yang berkunjung, berenang di kolam yang airnya jernih dan berasal dari sumber air dalam tanah.