Sukses

Gunung Karangetang Terus Muntahkan Lava

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terus memuntahkan lava pijar dan awan panas. Sekitar 570 warga dari tiga kampung di sekitar gunung berapi itu harus diungsikan.

Liputan6.com, Sitaro: Sejak statusnya dinaikkan menjadi waspada, aktivitas vulkanik Gunung Karangetang, di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terus meningkat. Aliran lava baru diikuti guguran lava pijar meluncur dari puncak gunung dengan panjang guguran sekitar 1.500 meter, Sabtu (19/3). Awan panas setinggi 200 meter juga terlihat mengepul dari puncak gunung.
 
Kemarin sore status Karangetang dinaikkan ke tingkat tiga atau siaga karena tak ada tanda-tanda aktivitas vulkaniknya akan mereda. Seiring peningkatan status ini, penduduk di daerah-daerah berbahaya di sekitar kaki Karangetang, seperti Kampung Kinali, Kampung Hiyung, dan Kampung Mili dievakuasi. Sebelum status diturunkan mereka dilarang pulang ke rumah [baca: Gunung Karangetang Meletus].(IAN)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini