Sukses

Liga Pekerja Indonesia Diikuti 544 Klub Sepak Bola

Perebutkan Piala Jokowi, 544 Klub sepak bola ikuti Liga Pekerja Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 544 klub bola yang berasal dari kalangan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dan perusahaan akan memperebutkan Piala Presiden Joko Widodo. Piala bergilir ini akan diperebutkan dalam kompetisi Liga Pekerja Indonesia (LPI) yang merupakan rangkaian kegiatan May Day 2018.

“Ini merupakan momen penting bangkitnya kembali sepak bola pekerja/buruh yang telah lama vakum. Momen ini tentu saja dapat memberikan harapan bagi atlet sepak bola untuk tetap berkarir dan berkarya dalam industri sepak bola,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, saat membuka LPI Zona Provinsi Bangka Belitung di Stadion Depati Pangkal Amir, Pangkal Pinang, Kamis (1/2/2018).

Menurutnya, penyelenggaraan LPI terinspirasi dari Galakarya yang pernah populer pada era 1970-an dan 1980-an. Galakarya saat itu banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola yang ikut memperkuat tim nasional, seperti Ronny Pattinasarani, Rully Nere, Anjas Asmara, dan Andi Lala.

Hanif pun berharap, penyelenggaraan LPI tidak hanya menjadi wahana untuk membangkitkan semangat kebersamaan antar pekerja dan meningkatkan kualitas hubungan industrial, tetapi juga dapat melahirkan kembali atlet sepak bola nasional.

“Selain untuk memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan, saya berharap LPI dapat melahirkan atlet sepak bola potensial dari kalangan pekerja,” ucapnya.

Hanif menambahkan, penyelenggaraan LPI merupakan sebuah kegiatan yang sengaja diadakan untuk menyambut Hari Buruh Internasional (May Day) 2018. Diharapkan dengan mengisi May Day dengan berbagai kegiatan positif semacam LPI, pekerja, pengusaha, dan pemerintah dapat menikmati suasana May Day yang positif.

“Diharapkan melalui berbagai kegiatan positif seperti LPI, buruh tidak hanya berdemo saat memperingati Hari Buruh Internasional. Untuk itu, Kemnaker mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan untuk merayakan May Day, baik sebelum dan setelah May Day,” kata dia.

LPI diresmikan pertama kali di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/12/2017). Selain mendapatkan piala bergilir Presiden, juara I liga juga berhak mengantongi uang pembinaan. Akan diberikan pula penghargaan kepada pemain dengan kategori Top Scorer, Best Player, dan Best Goal Keeper dari tim Juara I - IV.

Hanif mengatakan, LPI tidak akan membebani perusahaan. Menurutnya, keikutsertaan dalam kompetisi ini justru bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas pekerja dan perusahaan.

“LPI ini juga jadi salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas hubungan industrial lebih produktif dan kondusif perusahaan,” ujar Hanif.

Ia melanjutkan bahwa LPI dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan, dan sportif, khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepak bola.

“Digelarnya LPI merupakan tonggak sejarah olahraga bagi para pekerja dan pengusaha,” ucap Hanif.

Melalui LPI ini, ia juga berharap hubungan industrial dibangun tidak hanya melalui gaya industrial, tetapi juga bisa dibangun secara sangat efektif melalui olahraga.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini