Sukses

Menpan RB Sesalkan Pertikaian Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli

Bupati dan wakil bupati Tolitoli bertikai di hadapan warga saat pelantikan pejabat.

Liputan6.com, Sulawaesi Tengah - Sebuah insiden tak sepantasnya dipertontonkan Bupati dan Wakil Bupati Tolitoli yang bertikai saat pelantikan pejabat struktural dan fungsional. Insiden ini terekam kamera sejumlah pegawai dan beredar di media sosial.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Jumat (2/2/2018), kejadian terjadi ketika Bupati Tolitoli Saleh Bantilan, tengah menyampaikan sambutan di hadapan puluhan pejabat yang diambil sumpahnya.

Namun, Wakil Bupati Tolitoli Abdul Rahman H Budding, tiba-tiba datang dan langsung menendang meja yang di tempati bupati serta berteriak meminta pelantikan dihentikan.

Dia bahkan naik ke podium dan nyaris memukul bupati. Beruntung sejumlah petugas dan pejabat yang hadir dalam acara itu langsung turun tangan dan mengamankan wakil bupati sembari mengarahkan turun dari podium. Suasana pelantikan yang tadinya hening mendadak tegang.

Insiden yang terekam oleh sejumlah orang yang hadir di acara tersebut lantas menjadi viral di media sosial.

Menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, bupati dan wali kota seharusnya memberi contoh pada bawahannya.

"Bupati itu kan pejabat pembina pegawai, harusnya memberikan contoh yang baik. Jadi masalah ini harus ditindaklanjuti ke penegakan hukum atau sanksi lainnya," Asman Abnur.

Terkait kejadian ini, polisi telah melakukan penyelidikan dan memeriksa beberapa saksi guna mencari unsur pidana dalam kasus ini.