Sukses

Longsor di Lombok, 3 Rumah Rusak Berat

Liputan6.com, Nusa Tenggara Barat - Cuaca buruk masih menyebabkan terjadinya bencana di sejumlah daerah di tanah air. Akibatnya, terjadi banjir dan longsor.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Jumat (2/2/2018), tingginya curah hujan yang mengguyur Pulau Lombok sejak Rabu, mengakibatkan banjir dan longsor. Sehingga tiga rumah di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, rusak.

Bagian belakang ketiga rumah ambruk ke dalam sungai, sementara puluhan rumah lainnya dalam kondisi rawan longsor. Untuk menghindari terjadinya korban, warga memilih mengungsi ke rumah kerabat.

Di Sukabumi, Jawa barat, sebuah rumah milik pasangan Asep dan Cicoh ambruk setelah angin puting beliung menerjang Kampung Kalapa Nunggal, Desa Hanjawar, Kecamatan Nagrak.

Diduga saat peristiwa terjadi, angin berputar di atas rumah korban karena belasan rumah tetangga hanya mengalami kerusakan ringan di bagian genting. Angin kencang yang datang saat hujan deras juga merusak area pertanian warga.

Sedangkan di Brebes, Jawa Tengah, banjir bandang di Sungai Kali Keruh, Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, membuat sebuah jembatan ambruk. Sejumlah tiang penyangga jembatan roboh hingga menyebabkan badan jembatan ini ambruk ke dasar sungai. Padahal, jembatan tersebut masih dalam proses pembangunan dengan dana APBD sebesar Rp 10 miliar.

Rencananya, jembatan ini akan menjadi penghubung antara Desa Kali Loka dan Desa Plompong, Kecamatan Sirampog.