Sukses

Ketua MPR Ikuti Salat Gerhana Bulan di Masjid Al-Azhar

Masjid Agung yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu langsung dipadati jemaah begitu azan Isya berkumandang.

Liputan6.com, Jakarta - Pengurus Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan menggelar salat gerhana bulan total, Rabu (31/1/2018) malam. Salat sunnah berjamaah yang dilaksanakan berdasarkan fenomena alam ini juga dihadiri oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Tampak Zulkifli berada di shaf atau barisan paling depan dengan mengenakan kemeja putih dan peci hitam. Terlihat pula Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mendampingi Zulkifli.

Ratusan warga juga berbondong-bondong menuju Masjid Al-Azhar sejak magrib. Masjid Agung yang berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu langsung dipadati jemaah begitu azan Isya berkumandang.

Acara dimulai dengan jamaah salat Isya terlebih dulu. Sebelum akhirnya dilakukan salat gerhana bulan secara berjamaah yang dipimpin imam salat H Mukhtar Ibnu. Sementara khutbah disampaikan oleh KH Shobahussurur.

Staf Sekretariat Masjid Agung Al-Azhar, M Akbar Satrio memprediksi, salat sunnah gerhana bulan ini diikuti oleh ribuan jemaah. Memang masjid terpantau penuh dipadati jemaah saat salat berlangsung.

"Kalau berkaca pada sebelumnya, mungkin sekitar 1.000 sampai 2.000 jemaah," ucap Akbar saat ditemui sebelum pelaksanaan salat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meriah Gerhana di Ancol

Ribuan pengunjung memadati kawasan pantai timur Ancol, Jakarta Utara, Rabu malam. Para pengunjung berjejal hingga ke bibir pantai demi menyaksikan fenomena gerhana bulan total.

Sebagian besar dari pengunjung juga membawa kamera dan teropong kecil untuk melihat penampakan gerhana bulan. Saat malam mulai menjelang, para pengunjung mulai menggunakan alat teropong dan kamera mereka.

Pantauan Liputan6.com, para pengunjung saling bergantian melihat penampakan gerhana bulan lewat teropong atau kamera yang mereka bawa. Canda dan tawa pengunjung pun membuat nonton langsung Supermoon di Ancol terasa meriah.

"Penasaran. Mana sih, kok belum keliatan," kata Inke Alya, salah satu warga Jakarta yang ikut memenuhi lokasi, Rabu (31/1/2018).

Inke mengaku bersama teman-temannya sengaja datang ke Ancol lantaran penasaran dengan fenomena gerhana bulan total. Apalagi, bulan sempat terlihat tertutup awan dari kawasan Ancol, sehingga makin menambah penasaran para pengunjung.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.