Sukses

Ini Lokasi Ideal Saksikan Gerhana Bulan Besok

Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total pada pukul 20.29 WIB, 21.29 Wita, dan 22.29 WIT.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan, dari pengamatan pihaknya, Gerhana Bulan dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan. Daerah itu dimulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah di sebelah barat Sumatera.

"Yaitu melintas di Samudra Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung," kata Dwikora, seperti dikutip dari bmkg.go.id, Selasa (30/1/2018).

Selain itu, lokasi yang ideal untuk mengamati Gerhana Bulan ini berada di sejumlah tempat, yaitu di Observatorium Boscha (Lembang), Pulau Seribu, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Planetarium, Museum Fatahilah, Kampung Betawi, Satu Babakan, serta Bukit Tinggi.

"Selain itu juga dilakukan pengamatan di 21 titik pengamatan hilal. Bahkan, di Makassar dan Jam Gadang Bukit Tinggi pun terdapat event nonton bersama Super Blue Blood Moon," kata dia.

Meskipun fenomena ini merupakan fenomena langka, masyarakat harap mewaspadai tinggi pasang maksimun hingga mencapai 1,5 meter karena adanya gravitasi Bulan dengan Matahari.

Fenomena Gerhana Bulan ini juga dapat mengakibatkan surut minimum mencapai 100-110 cm yang terjadi pada 30 Januari-1 Februari 2018 di Pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Rob

Dwikorita menegaskan, tinggi pasang maksimum ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Keseluruhan proses gerhana dapat diamati di Samudra Pasifik serta bagian Timur Asia, Indonesia, Australia, dan bagian barat laut Amerika," ungkap dia.

Selain itu, Gerhana Bulan dapat diamati di bagian barat Asia, Samudra Hindia, bagian timur Afrika, dan bagian timur Eropa pada saat bulan terbit.

"Masyarakat dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Total ini dapat pada pukul 20.29 WIB, 21.29 Wita, dan 22.29 WIT," ucap dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.