Sukses

Dinkes Sidoarjo Tanggapi Video Dugaan Malapraktik yang Viral

Sebuah video keluarga pasien yang meminta penjelasan pada dokter viral di media sosial. Emosi keluarga tersulut saat pasien sudah meninggal.

Liputan6.com, Sidoarjo - Dugaan malapraktik dan penelantaran pasien di sebuah rumah sakit swasta yang videonya sempat viral di media sosial mendapat tanggapan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dinkes mengaku telah mendengar penjelasan pihak rumah sakit termasuk dari dokter dan perawat yang saat itu bertugas. Namun, mereka belum dapat menyimpulkan ada tidaknya dugaan malapraktik tindakan medis sang dokter dan perawat jaga saat kejadian. Termasuk apakah tindakan yang diambil sudah sesuai prosedur pelayanan kesehatan saat ini.

"Kami sudah langsung ke sana untuk mengonfirmasi. Nanti kita akan koordinasi dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dengan keluarga korban belum, tapi kita sudah menerima masukan-masukan, nanti akan diklarifikas," jelas Kadis Kesehatan Sidoarjo Ika Harnasti, seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Selasa (30/1/2018).

Belum lama ini, sebuah video keluarga pasien yang tengah meminta penjelasan kepada dokter dan perawat viral di media sosial. Keluarga menuding tidak ada penanganan apa pun selama dua hari pada pasien.

Emosi keluarga semakin tersulut saat pasien sudah meninggal, namun masih ada tindakan berupa suntikan oleh perawat yang berjaga.