Sukses

Polisi Panggil Ulang Sofyan Djalil sebagai Saksi Kasus Reklamasi

Argo tidak menyebutkan secara rinci alasan ketidakhadiran Sofyan. Namun demikian, penyidik akan kembali memanggil ulang Sofyan Djalil.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya menjadwalkan kembali pemanggilan Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil. Mantan Kepala Bappenas tersebut akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus reklamasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pemeriksaan dijadwalkan hari ini, Senin (29/1/2018). Namun, Sofyan Djalil tidak dapat memenuhi panggilan penyidik itu.

"Iya betul yang bersangkutan diperiksa terkait reklamasi. Namun beliau tidak datang," ujar Argo saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/1/2018).

Argo tidak menyebutkan secara rinci alasan ketidakhadiran Sofyan. Namun demikian, penyidik akan kembali memanggil ulang Sofyan Djalil.

"Beliau ada tugas lain. Ini sedang kami koordinasikan (waktunya). Nanti diagendakan di kantor beliau," ujar Argo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NJOP Tak Wajar

Penyelidikan kasus ini dimulai sejak September 2017. Dari keterangan yang diperoleh dan data yang dikumpulkan, polisi mencium ada aroma korupsi dalam proyek reklamasi itu.

Polisi menduga ada pelanggaran ketika penetapan nilai jual objek pajak (NJOP) Pulau C dan D dalam proyek reklamasi Teluk Jakarta.

Lebih jauh polisi menduga penetapan NJOP pada kedua pulau reklamasi itu tidak wajar. Di mana NJOP di pulau reklamasi C dan D hanya sebesar Rp 3,1 juta per meter persegi.

Penyidik lantas meningkatkan status proses hukum proyek reklamasi Teluk Jakarta dari penyelidikan ke tahap penyidikan, tapi belum ada tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.