Sukses

Menikmati Masa Pensiun ala Iman Suligi dan Gigih Rachwartini

Masa pensiun bukan alasan untuk berhenti berkarya dan berguna bagi sesama.

Liputan6.com, Jember - Masa pensiun bukan alasan untuk berhenti berkarya dan berguna bagi sesama. Melakukan kegiatan yang disukai adalah salah satu cara mengisi hari-hari pensiun.

Inilah yang dilakukan Iman Suligi dan Gigih Rachwartini, pasangan yang memiliki hobi membaca dan kemudian mendirikan kampung baca.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (29/01/2018), dibangun sejak tahun 2009, kampung baca ini terletak di tengah kampung di Kota Jember, Jawa Timur. Memasuki gang-gang pemukiman padat penduduk, kampung baca berdiri di atas lahan seluas 900 meter persegi.

Siapa pun boleh datang ke kampung baca. Koleksi ribuan buku berbagai jenis dan tema ada di tempat ini. Semua buku adalah koleksi Iman Suligi sejak kecil dan bantuan dari berbagai pihak.

Tak hanya sekadar tempat membaca. Iman Suligi dan sang istri membangun kampung baca sebagai wisata literasi dengan beragam kegiatan terutama untuk anak anak.

Membuat jaringan literasi, mendirikan museum literasi, dan membuat anak anak mencintai buku adalah harapan Iman Suligi. Perpustakaan bukan hanya tempat menyimpan buku, melainkan sarana untuk membuka wawasan dan memajukan bangsa.