Sukses

Mendagri: Saya Tak Minta Nama 2 Jenderal Polisi Jadi Plt Gubernur

Tjahjo Kumolo mengaku telah meminta Polri dua orang jenderal untuk mengisi kursi kepala daerah yang kosong.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah meminta dua orang jenderal Polri untuk mengisi kursi kepala daerah yang kosong. Namun ia tidak meminta sosok tertentu.

Namun kemudian, munculnya nama Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Mochamad Iriawan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin sebagai Pj Gubernur Sumatera Utara.

"Saya enggak minta loh. Saya minta ke institusi, pada Kapolri, ke Menko Polhukam, saya minta. Yang ngusulkan (nama) ya yang bersangkutan," ujar Tjahjo usai menjadi pemateri di acara Rakor Baintelkam Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/1/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Dapat Persejutuan Jokowi

Tjahjo mengaku tidak bisa mengintervensi nama-nama yang akan mengisi kekosongan kepala daerah selama pilkada berlangsung. Sebab nama-nama yang diusulkan nantinya harus mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

Lebih dari itu, Tjahjo juga mengaku tidak bisa memastikan posisi nama-nama yang diusulkan. Kemendagri hanya bisa mengusulkan agar dua jenderal Polri ditempatkan di Jabar dan Sumut karena dianggap berpotensi rawan.

"Keputusan terakhir di Istana. Saya hanya mengajukan, mencermati dinamika perkembangan yang ada," kata dia.

Kemendagri sendiri telah memiliki cukup banyak stok seandainya nanti nama-nama yang diajukan ditolak Presiden. Nantinya, para penjabat ini akan dilantik pada Juni 2017 saat masa jabatan Gubernur definitif usai.

"Nanti Juni, masih lama. Karena saya nggak boleh mengurangi satu hari pun (masa jabatan) gubernur," tandas Tjahjo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.