Sukses

Verifikasi Faktual ke Golkar, Ketua KPU: Wah Banyak Senior Saya

Arif menegaskan agar Partai Golkar juga memperhatikan verifikasi yang dilakukan di tingkat wilayah, kabupaten dan kota.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arif Budiman bercanda saat memberi kata sambutan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Kedatangan Arif tak lain untuk verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2019.

"Wah kalau ke Golkar banyak senior saya, guru, dosen, kiai, partai ini partai yang berpengalaman," kata Arif di lokasi, Senin (29/1/2018).

Meski demikian, Arif menegaskan agar Partai Golkar juga memperhatikan verifikasi yang dilakukan di tingkat wilayah, kabupaten dan kota. Sebab, proses verifikasi faktual tidak berhenti di tingkat dewan pimpinan pusat parpol.

"Ini baru awal, jangan keburu ambil kesimpulan karena kita masih ada peoses di provinsi dan kabupaten kota, itu ada satu jenis verifikasi lagi yaitu keanggotan," tegas dia.

Lewat verifikasi ini, tiga poin ditekankan oleh KPU. Pertama soal struktur kepengurusan yakni ketua umum, sekretaris jenderal, dan bendahara. Kedua keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, dan ketiga domisili kantor yang aktif.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yakin partainya akan lolos verifikasi faktual tingkat DPP yang dilakukan KPU.

Salah satu faktor penentu lolos tidaknya partai politik dalam verifikasi ini adalah jumlah kader perempuan yang minimal 30 persen di kepengurusan. Untuk persyaratan ini Partai Golkar mengaku tidak ada masalah.

"Sudah siap itu, kita kan ada 31 persen (kader perempuan di kepengurusan)," kata Airlangga usai rapat pleno di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (29/1/2018).

Terkait kepengurusan baru, Airlangga juga sudah mencatatkan susunan formasi 'Golkar Bersih' di KPU, melalui SK Kementeriah Hukum dan HAM.

"Sudah disahkan Kemenkumham tanggal 24 (Januari) kemarin," jelas dia.

Diketahui, tiga posisi utama struktur kepengurusan yaitu Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Sekretaris Jenderal Golkar dan Robert Joppy Kardinal sebagai Bendahara Umum Partai Golkar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rapat Pleno Pertama

Ketua Umum Partai Golkar Airlanggo Hartarto memimpin rapat pleno Partai Golkar, Senin pagi. Ini adalah pleno pertama Airlangga sejak terpilih sebagai pucuk kepemimpinan partai.

"Agendanya tentu pleno perdana, setelah itu ada verifikasi dengan KPU," kata Airlangga kepada awak media di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (29/1/2018).

Dalam rapat, Airlangga menegaskan tugas para kordinator bidang di tiap wilayah, khususnya untuk pemilian umum kepala daerah atau pilkada.

"Ya nanti (bahas) penugasan kepada masing-masing bidang dan target pilkada, tahapan, dan program," jelas dia.

Seluruh jajaran kepengurusan baru Golkar tampak hadir dalam pleno ini. Seperti Sekretaris Jenderal Lodewijk Freidrich Paulus, Bendaraha Umum Robert Joppy Kardinal, dan Koordinator Bidang Kelembagaan Idrus Marham.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.