Sukses

Wakil Ketua DPRD soal Mobilisasi Becak: Ini Mainan Orang Tertentu

Wakil Ketua DPRD meminta Pemprov DKI melakukan sweeping terhadap becak-becak yang dimobilisasi dari luar Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik, mengomentari kabar mobilisasi becak dari luar daerah yang masuk ke Jakarta. Ia menilai gelagat itu beraroma politis.

"Ada unsur politis, untuk ganggu Jakarta, ini mainan orang tertentu,” kata Taufik saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/1/2018).

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, menyebut ada pihak yang sengaja memobilisasi becak dari daerah ke Jakarta. Taufik menuding penggerak becak-becak itu adalah provokator.

Namun, Taufik tidak tegas menunjuk ke siapa tudingannya itu. "Namanya provokator untuk menggangu Jakarta," ucapnya.

Taufik meminta Pemprov DKI tegas menindak becak dari luar Jakarta. Ia meminta dilakukan razia.

"Sebaiknya setoplah yang begituan. Harus sweeping yang begitu," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobilisasi Terorganisasi

Sandiaga mengaku mendapat laporan terkait masuknya becak dari luar Jakarta. Pemprov DKI sendiri baru baru ini mengizinkan becak beroperasi di Jakarta, selama tidak masuk ke jalan protokol.

"Sudah ada beberapa laporan dan ini mobilisasi. Enggak mungkin tukang becak dari daerah itu bisa kayuh sendiri ke sini," kata Sandi di RPTRA Taman Sawo, Minggu (28 Januari 2017)

Mobilisasi itu, lanjut dia, menggunakan truk-truk. Karena itu, ia berkesimpulan mobilisasinya terorganisir.

"Kami akan tegas katakan bahwa Jakarta tertutup untuk becak-becak (dari daerah) jadi kita akan kembalikan mereka, akan berikan sanksi tegas dan pastikan upaya-upaya untuk destabilisasi keadaan wilayah di DKI Jakarta," tambah Sandi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.